Sukses

Efek Psikologi Gala Sky dan Anak Lain yang Kehilangan Kedua Orangtua

Peristiwa tidak mengenakan terjadi pada Gala Sky, anak berusia 1 tahun 6 bulan ini harus kehilangan kedua orang tuanya sekaligus, Vanessa Angel dan Bibi dalam insiden kecelakaan tragis.

Liputan6.com, Jakarta - Kehilangan orangtua adalah salah satu pengalaman manusia yang paling sulit secara emosional dan universal.

Dan meskipun kita mungkin memahami bahwa kehilangan orangtua tidak dapat dihindari dalam arti abstrak, pengetahuan itu tidak mengurangi kesedihan ketika seorang ibu atau ayah meninggal.

Kehilangan orangtua penuh dengan kesedihan dan trauma, dan itu secara permanen mengubah anak-anak dari segala usia, baik secara biologis maupun psikologis, demikian dikutip dari fatherly, Jumat (28/1/2022).

Tidak ada yang sama lagi; kehilangan ibu atau ayah adalah peristiwa yang sepenuhnya transformatif.

Peristiwa tidak mengenakan ini juga terjadi pada Gala Sky, anak berusia 1 tahun 6 bulan ini harus kehilangan dua orangtuanya sekaligus, Vanessa Angel dan Bibi dalam insiden kecelakaan tragis.

Lalu, apa dampaknya bagi seseorang terutama anak yang mengalami ini?

"Dalam skenario kasus terbaik, kehilangan orangtua harusnya sudah diantisipasi, dan ada waktu bagi keluarga untuk bersiap, mengucapkan selamat tinggal, dan mengelilingi diri mereka dengan dukungan," kata psikiater Nikole Benders-Hadi, MD.

“Dalam kasus di mana kematian tidak terduga, seperti dengan penyakit akut atau kecelakaan traumatis, anak-anak dewasa mungkin tetap dalam fase penolakan dan kemarahan dari kehilangan untuk waktu yang lama (mengarah ke) diagnosis gangguan depresi berat atau bahkan PTSD , jika trauma terlibat."

Dalam jangka pendek, kehilangan orangtua memicu tekanan fisik yang signifikan. Dalam jangka panjang, kesedihan menempatkan seluruh tubuh dalam bahaya.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kehilangan Ayah dan Ibu, Punya Perbedaan?

Sejumlah penelitian telah menemukan hubungan antara kesedihan yang belum terselesaikan dan masalah jantung, hipertensi, gangguan kekebalan, dan bahkan kanker.

Tidak jelas mengapa kesedihan akan memicu kondisi fisik yang mengerikan seperti itu.

Satu teori adalah bahwa sistem saraf simpatik yang diaktifkan terus-menerus (respons melawan-atau-lari) dapat menyebabkan perubahan genetik jangka panjang.

Studi juga menunjukkan bahwa kehilangan seorang ayah lebih sering dikaitkan dengan hilangnya penguasaan pribadi - visi, tujuan, komitmen, kepercayaan, dan pengetahuan diri. Kehilangan seorang ibu, di sisi lain, menimbulkan respons yang lebih mentah.

“Banyak orang melaporkan perasaan kehilangan yang lebih besar ketika seorang ibu meninggal,” kata Manly.

“Ini dapat dikaitkan dengan sifat hubungan ibu-anak yang sering kali dekat dan mengasuh.”

Pada saat yang sama, perbedaan antara kehilangan ayah dan ibu mewakili tren yang relatif lemah. Tak perlu dikatakan bahwa setiap orang memiliki hubungan unik mereka sendiri dengan ibu dan ayah mereka, dan respons kesedihan individu atas kematian orangtua mereka akan unik untuk pengalaman hidup mereka.

3 dari 3 halaman

Infografis Cinta Sehidup Semati Vanessa Angel - Bibi Andriansyah

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.