Sukses

Soto Ayam hingga Tom Yum, Makanan Asia Ini Masuk Daftar Sup Terenak Sedunia Versi CNN

Berikut ini tujuh negara di Asia pemilik sup terbaik di dunia dalam daftar 20 of the world's best soups CNN.

Liputan6.com, Jakarta - Portal berita CNN mengeluarkan daftar 20 sup terbaik di seluruh dunia. Sejumlah di antaranya berasal dari negara di Asia.

Indonesia salah satunya dengan menu soto ayam, masuk daftar negara pemilik sup terenak sedunia tersebut. Bersanding dengan Tom Yum Goong dari Thailand hingga Ramen dari Jepang.  

Berikut ini ulasannya tujuh negara di Asia pemilik sup terbaik di dunia dalam daftar 20 of the world's best soups CNN yang dikutip Selasa (25/1/2022):

1. Vietnam,  Pho Daging Sapi (phở bò)

Pho makanan khas Vietnam/dok. Pho 24

Kaldu direbus selama berjam-jam dengan kayu manis, adas bintang dan rempah-rempah hangat lainnya untuk menciptakan dasar aromatik yang luar biasa untuk sup mi beras ini.

Pho adalah salah satu ekspor kuliner Vietnam yang paling dikenal, tetapi sup adalah makanan yang relatif baru, tulis Andrea Nguyen, penulis "The Pho Cookbook."

Dan sementara restoran pho saat ini menyajikan berbagai macam rasa, varian daging sapi adalah yang asli.

Pada tahun 1930, Nguyen menjelaskan, sup disajikan dengan irisan daging sapi mentah yang dimasak dengan lembut di dalam kaldu.Saat ini, beef pho tetap menjadi versi yang paling disukai di Vietnam, dengan pilihan yang mencakup daging sapi mentah asli, campuran daging sapi mentah dan matang, brisket, dan tendon.

2. Sup Mie Daging Sapi Lanzhou, China

La Mian dari Tiongkok. (Instagram/hungryspud)

Membentuk — atau menarik — mi la mian dengan tangan untuk sup tradisional ini adalah seni tersendiri.

Pengrajinnya menggunakan tepung terigu tinggi gluten dan bubuk alkali yang digiling halus untuk mencampur adonan yang elastis, lalu menarik dan melipat satu adonan untuk membuat mi yang cukup untuk semangkuk sup.Masukkan ke dalam semangkuk kaldu sapi untuk sup kelas dunia yang mencakup daging sapi empuk, irisan lobak pucat, minyak cabai, dan rempah segar. (Di beberapa toko, pengunjung bahkan mungkin meminta mi dengan ketebalan dan bentuk yang diinginkan.)

3. Mohinga, Myanmar

Sup ini adalah menu sarapan di sebagian besar Myanmar, di mana pedagang kaki lima dan toko teh menjajakan semangkuk mohinga mengepul dari tong besar. Inti dari sup mi ini adalah kaldu aromatik, yang direbus dengan bumbu dan dikentalkan dengan bubuk beras panggang.

Ikan memberikan kaya rasa tambahan, sedangkan bihun tipis sangat cocok untuk diseruput. Mohinga sangat disukai sehingga beralih dari hidangan sarapan ke camilan kapan saja, dan setiap daerah memiliki sentuhan tersendiri pada sup klasiknya.

4. Soto Ayam, Indonesia

Soto Ayam Medan khas Kuliner Tenda Medan/Istimewa.

Sup mi ayam atau lebih dikenal dengan soto ayam, mungkin mencapai puncak kulinernya dalam hidangan Indonesia yang menggugah selera. Rempah-rempah seperti kunyit segar, adas bintang, kayu manis, serai dan daun jeruk berpadu untuk aroma dan rasa yang berlapis, dengan kuning telur rebus yang jammy untuk menambah kekayaan ekstra.

Setiap bagian dari Indonesia memiliki sentuhan lokal, dan supnya juga disukai di Singapura, Malaysia, dan di Suriname yang jauh di Amerika Selatan, di mana resepnya datang bersama para imigran Jawa.Makan dengan taburan bawang merah goreng, jeruk limau segar, dan irisan cabai merah.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

5. Tom Yum Goong, Thailand

Manis, asam, pedas, dan asin, kaldu sup yang luar biasa ini sangat cocok untuk udang yang manis dan lembut. Bahan aromatik antara lain lengkuas, serai dan daun jeruk, sedangkan irisan cabai rawit merah memberi tambahan panas.Tom yum goong hanyalah salah satu dari banyak jenis sup tom yum di Thailand — versi ini diperkaya dengan udang gemuk, dan menjadi favorit banyak pengunjung.

6. Ramen Tonkotsu, Jepang

Ilustrasi Ramen | unsplash.com/@mab_studio

Tulang babi yang direbus lama memberikan rasa yang kuat pada ramen klasik ini, yang kaldunya keruh dengan sumsum dan lemak. Ini adalah ciri khas Prefektur Fukuoka di pulau selatan Kyushu, tetapi sup yang kaya rasa sekarang disajikan di toko-toko ramen di seluruh negeri (dan dunia).

Sementara rasa kaldu yang memanjakan adalah bintang dari tonkotsu ramen, semangkuk tidak lengkap tanpa irisan perut babi dan jalinan mi yang keras di tengahnya. Makanlah dengan sumpit dan sendok datar, dan jangan lupa untuk menyeruputnya — diyakini dapat meningkatkan rasa.

7. Yayla Orbasi, Turki

Nasi rebus atau jelai menambahkan rasa manis yang kasar pada sup yogurt krim ini. Diyakini dapat menangkal pilek selama musim dingin; beberapa rumah sakit Turki bahkan menyajikan sup yogurt untuk pasien yang sedang dalam pemulihan.Sejumput mint kering membantu menyeimbangkan sedikit bau yoghurt. Sajikan dengan roti pita segar yang empuk.

3 dari 3 halaman

Infografis 6 Cara Efektif Hadapi Potensi Penularan COVID-19 Varian Omicron

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.