Sukses

Gurita Aneh Seperti Berselimut Ditemukan di Perairan Australia

Liputan6.com, Great Barrier Reef - Sebuah video baru yang memukau menunjukkan "pertemuan sekali seumur hidup" dengan gurita merah terang yang aneh, berenang di atas Great Barrier Reef di timur laut Australia.

Pertemuan itu, pertama kali dilaporkan oleh situs berita lokal Australia Bundaberg Now, adalah penampakan langka dari  blanket octopus atau gurita selimut. Dinamai demikian karena memiliki jubah berdaging seperti selimut di antara lengannya.

Jacinta Shackleton, seorang ahli biologi kelautan dan pemandu terumbu karang, merekam dan memotret gurita saat menyelam di lepas pantai Pulau Lady Elliot di Queensland pada 6 Januari.

"Ketika saya pertama kali melihatnya, saya pikir itu mungkin ikan remaja dengan sirip panjang, tetapi ketika mendekat, saya menyadari itu adalah gurita selimut dan saya sangat gembira dan tidak bisa menahan kegembiraan saya!" Shackleton memberi tahu Bundaberg Now.

Gurita selimut adalah sekelompok kecil gurita yang jarang terlihat dalam genus Tremoctopus, menurut Great Barrier Reef Foundation, sebuah organisasi nirlaba yang bekerja untuk melindungi terumbu ikonik.

Shackleton bertemu dengan gurita betina muda itu di perairan dangkal, jenis itu sangat langka karena biasanya hidup di laut terbuka.

"Warna di jubahnya luar biasa dan sangat menarik untuk melihat cara dia bergerak melalui air," tulis Shackleton di akun Instagram-nya, - @jacintashackleton, di mana dia memposting video dan foto pertemuan itu.

Hanya gurita selimut betina yang memiliki jubah, yang dapat mereka lepaskan dalam keadaan darurat untuk mengalihkan perhatian atau memukul predator — seperti jubah ajaib Doctor Strange dari film Marvel.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Gurita Betina Jenis Ini Lebih Besar dari Pejantan

Gurita betina jenis ini juga jauh lebih besar daripada pejantan dan tumbuh hingga sekitar 6,6 kaki (2 meter), sementara jantannya kurang dari 1 inci (2,4 sentimeter), menurut Great Barrier Reef Foundation. Ini adalah salah satu perbedaan ukuran terbesar antara jenis kelamin hewan apa pun.

Agar gurita pejantan bereproduksi dengan betina yang jauh lebih besar, mereka melepaskan hectocotylus, lengan modifikasi yang digunakan gurita jantan untuk mengirimkan sperma, dan memasukkannya ke betina, Live Science sebelumnya melaporkan.

Gurita selimut juga dikenal karena strategi berburunya yang aneh dengan merobek tentakel ubur-ubur beracun dan menggunakannya sebagai senjata untuk menangkap mangsa.

Shackleton menggambarkan pengalaman itu sebagai pertemuan sekali seumur hidup. "Banyak gambar datang dari individu di penangkaran jadi saya yakin saya sangat beruntung telah melihat satu di siang hari, di karang dan di alam liar dan memiliki dua kamera dengan saya!" katanya kepada Bundaberg Now.