Sukses

Gempa Banten Magnitudo 6,7 Disorot Media Asing

Liputan6.com, Jakarta - Gempa bumi mengguncang beberapa wilayah di Jakarta dan Bogor pada Jumat (14/1/2022). Gempa dirasakan sekitar pukul 16.05 WIB dan terasa selama 30 detik.

"Lagi duduk di kursi sambil kerja, tahu-tahu berasa goyang, aku kebetulan lagi di tempat temanku daerah Cipinang Muara, Jakarta di lantai 2, tahu-tahu berasa banget goyang gempa," kata warga Jakarta, Devira, Jumat (14/1/2022).

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menginformasikan, lokasi gempa pada koordinat 7.01 LS, 105.26 BT atau 52 km Barat Daya Sumur, Banten. 

Gempa ini juga terdeteksi di Google Maps. Titik gempat berada di selatan Taman Ujung Kulon, Banten, dengan tulisan magnitudo 6,7.

Selain itu, sejumlah media asing turut memberitakan gempa Banten yang terasa hingga wilayah Jakarta dan Bogor.

National Post yang bermarkas di Toronto, Kanada menginformasikan bahwa Gempa magnitudo 6,7 yang melanda barat daya pulau Jawa di Indonesia pada Jumat sore tidak berpotensi menimbulkan tsunami.

Dalam artikel bertajuk "Indonesia says 6.7 magnitude quake strikes off Java island," disebutkan keterangan seorang saksi yang mengatakan banyak orang-orang di Jakarta keluar gedung-gedung saat bekerja akibat gempa Bumi.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Laporan Media China

Xinhua, dalam artikel 6.7-magnitude quake hits Indonesia, not tsunami alert issued menyebutkan; "Pusat gempa dengan kedalaman 37,19 km, awalnya ditetapkan berada di 6,9291 derajat LS dan 105,2513 derajat BT."

Senada dengan National Post, Xinhua yang mengutip keterangan dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) juga menyebut gempa ini tak berpotensi tsunami.

Data dari situs volcanodiscovery juga menyebutkan bahwa jarak lokasi gempa dari gunung krakatau yaitu 94 km, dengan kota besar seperti Jakarta dan Bogor yang turut merasakan efek gempa.

3 dari 3 halaman

INFOGRAFIS: Deretan Gempa Terbesar di Indonesia dalam 5 Tahun Terakhir