Sukses

4 Januari 2010: Burj Khalifa Dubai Sebagai Gedung Tertinggi Sedunia Perdana Dibuka

Kerumunan undangan yang terdiri dari 6.000 tamu, para penguasa emirat Teluk malam itu menghadiri acara pembukaan Burj Khalifa di Dubai. Gedung tertinggi di dunia.

Liputan6.com, Dubai - Sejarah mencatat hari ini 12 tahun yang lalu sebagai momen pembukaan perdana Burj Khalifa di Dubai. Gedung tertinggi di dunia.

Sheikh Mohammed bin Rashid al-Maktoum dilaporkan naik ke gedung setinggi 800 meter pada pesta pembukaan yang mewah itu.

Kru pembersih bergegas untuk menyelesaikan persiapan peresmian Burj Khalifa, gedung tertinggi di dunia. Dengan pesta kembang api dan kerumunan undangan yang terdiri dari 6.000 tamu, para penguasa emirat Teluk malam itu berusaha meyakinkan dunia bahwa masalah keuangan yang digembar-gemborkan ditepis dengan perayaan mewah embukaan gedung kaca dan baja yang menjulang hampir satu kilometer menjulang ke langit.

Penguasa Dubai, Sheikh Mohammed bin Rashid al-Maktoum yang jadi sorotan atas menara yang menjulang lebih dari 800 meter di gurun Arab. Dia yang mengumumkan peresmian tepat malam itu dalam sebuah langkah yang dimaksudkan untuk menarik garis di bawah krisis keuangan negara itu, yang telah meninggalkan jejak kreditur yang luar biasa.

"Krisis datang dan pergi, dan kota-kota terus bergerak," kata Mohamed Alabbar, ketua Emaar Properties, pengembang gedung milik negara seperti dikutip dari The Guardian. "Kamu harus move on. Karena jika kamu berhenti mengambil keputusan, kamu berhenti berkembang."

Dengan kolam renang di lantai 43 dan 76 dan rencana kala itu membangun masjid tertinggi di dunia di lantai 158, "superscraper" senilai $ 1 miliar itu mengerdilkan kedua gedung tertinggi di dunia sebelumnya, menara setinggi 508 meter yakini Gedung 101 di Taipei, dan tiang TV KVLY 629 meter di North Dakota, struktur buatan manusia tertinggi. Begitu tinggi, suhu dikatakan 10 derajat Celcius lebih dingin di puncak daripada di bagian dasar.

Kendati demikian banyak investor di gedung apartemen 1.044 unit itu sudah menghadapi kerugian setelah harga properti di Dubai merosot, pemilik bangunan yang juga dikenal Burj Dubai berjuang untuk menyajikan pencapaian arsitektur mereka sebagai sebuah kemenangan.

Saat itu, kantor dan sebagian besar flat masih diperkirakan dua bulan dari penyelesaian dan tetangga emirat di Arab Saudi dan Abu Dhabi, yang memberi Dubai dana talangan £15 miliar tahun sebelumnya, 2009, juga dipahami tidak terkesan dengan acara gedung itu.

Air mancur di luar dilaporkan menelan biaya £133m dan hotel dengan 160 kamar dirancang oleh perancang busana Georgio Armani yang juga menawarkan kelab malam, dua restoran, dan spa. Sementara itu, buruh di proyek tersebut, termasuk banyak imigran dari Pakistan, India dan Bangladesh, mendapat upah rendah. Tukang kayu yang terampil hanya membawa pulang £4,34 sehari dan pekerja, £2,84.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

1.000 Personel Keamanan di Acara Pembukaan

Pengamanan diperkirakan diperketat untuk acara peresmian tersebut. Surat kabar lokal mengutip Mayor Jenderal Mohammed Eid al-Mansouri, kepala keamanan pelindung dan unit darurat polisi Dubai, mengatakan lebih dari 1.000 personel keamanan, termasuk polisi berpakaian preman dan penembak jitu, akan dikerahkan untuk mengamankan lokasi pembukaan.

Tetapi bahkan dengan standar emirat yang telah menciptakan lebih banyak bangunan di depan pantai dengan pulau-pulau besar dari jutaan ton pasir dalam bentuk pohon palem, menara ini menonjol sebagai pencapaian paling luar biasa di Dubai. Sekitar 12.000 orang diperkirakan akan tinggal dan bekerja di menara yang merupakan bagian dari pembangunan seluas 500 hektar yang dikenal sebagai "pusat kota" Burj Dubai.

Alabbar mengatakan Burj Dubai adalah "demonstrasi lain dari kemampuan Dubai untuk mencapai apa yang sedikit orang pikirkan mungkin".

"Menara itu adalah ikon global," katanya. "Ini mewakili tekad dan optimisme Dubai sebagai kota dunia yang sesungguhnya. Ini adalah simbol yang kuat untuk seluruh dunia Arab."

3 dari 3 halaman

Infografis 5 Tips Pakai Masker Cegah COVID-19 untuk Anak

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.