Sukses

Hasil Pertemuan Utusan Rusia Nikolay Patrushev dengan Jokowi

Setelah Menlu AS Antony Blinken, kini utusan dari Rusia Nikolay Patrushev yang bertemu Jokowi. Ini sejumlah hal yang dibahas.

Liputan6.com, Jakarta - Usai menerima kunjungan dari Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Antony Blinken, di hari yang sama Presiden Joko Widodo menerima kedatangan utusan Rusia Nikolay P. Patrushev di Istana Merdeka Jakarta, Senin 13 Desember 2021.

"Presiden menerima kunjungan kehormatan Sekretaris Nikolay Patrushev. Presiden kembali menyampaikan prioritas Indonesia di dalam keketuaannya di G20 dan mengharapkan dukungan Rusia," ujar Retno yang ikut mendampingi Jokowi dikutip dari siaran pers, Senin (13/12/2021).

Jokowi juga menyampaikan bahwa di tahun 2023 Indonesia akan memegang keketuaan ASEAN.

Untuk itu, Jokowi mengharapkan kerja sama dengan Rusia selama keketuaan Indonesia di ASEAN.

Selain itu, ada sejumlah hal yang turut dibahas oleh keduanya.

Jokowi menyambut baik penandatanganan Nota Kesepahaman atau MoU kerja sama bidang keamanan informasi internasional antara Indonesia dan Rusia yang akan dilakukan oleh Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan RI Mahfud Md., dan Sekretaris Patrushev.

Sekretaris Patrushev akan melakukan konsultasi bilateral bidang keamanan dengan Menkopolhukam dan ini merupakan konsultasi yang keenam kalinya," ujar Retno.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyampaikan bahwa Rusia adalah mitra baik Indonesia. Indonesia akan terus mengembangkan strategic trust dengan semua negara dan semua mitra Indonesia.

"Strategic trust ini sangat penting sebagai fondasi untuk membangun sebuah kerja sama yang saling menguntungkan dan saling menghormati," jelasnya.

"Strategic trust ini juga diperlukan untuk membangun dunia yang damai, stabil, dan sejahtera dan Indonesia memiliki komitmen yang sangat tinggi untuk berkontribusi menciptakan dunia yang damai stabil dan sejahtera," sambung Retno.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Menlu Anthony Blinken Tegaskan Komitmen AS Terhadap Indonesia

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken menyatakan komitmen kuat AS terhadap Indonesia dalam pertemuannya dengan Presiden Joko Widodo, kata menteri luar negeri Indonesia Retno Marsudi, Senin (13/12).

Komitmen AS “terasa kuat” termasuk dalam bidang ekonomi dan infrastruktur, kata Menlu Retno Marsudi kepada wartawan, sewaktu menyimpulkan pertemuan pada hari Senin (13/12). Demikian seperti dikutip dari laman VOA Indonesia, Selasa (14/12/2021).

Indonesia adalah negara pertama dari tiga negara di Asia Tenggara yang dikunjunginya.

Sementara itu Juru Bicara Departemen Luar Negeri AS Ned Price mengatakan Blinken dan Jokowi membahas cara-cara untuk meningkatkan hubungan AS-Indonesia, serta "mengatasi berbagai tantangan terhadap demokrasi dan hak asasi manusia, serta krisis iklim dan pandemi COVID-19."

3 dari 3 halaman

Infografis Kejengkelan Jokowi dan Ancaman Reshuffle Kabinet

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.