Sukses

AS Batasi Kedatangan dari Negara Afrika Usai Munculnya COVID-19 Varian Omicron

AS akan membatasi perjalanan dari Afrika Selatan dan tujuh negara Afrika selatan lainnya untuk mencoba menahan virus corona COVID-19 varian baru Omnicron yang menyebar di sana.

Liputan6.com, D.C - Amerika Serikat akan membatasi perjalanan dari Afrika Selatan dan tujuh negara Afrika selatan lainnya untuk mencoba menahan varian baru virus corona COVID-19 yang menyebar di sana.

Mulai Senin 29 November 2021, hanya warga negara dan penduduk AS yang diizinkan untuk melakukan perjalanan dari wilayah tersebut, demikian seperti dikutip dari BBC, Sabtu (27/11/2021).

Ini mengikuti larangan penerbangan serupa yang diberlakukan oleh Uni Eropa sebelumnya pada hari Jumat.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan varian baru tersebut jatuh dalam kategori 'varian yang mengkhawatirkan' atau variant of concern (VoC), dan menamainya Omicron --sebagaimana varian delta dan beta yang meminjam penyebutan huruf Yunani kuno.

Para pejabat AS mengatakan penerbangan dari Afrika Selatan, Botswana, Zimbabwe, Namibia, Lesotho, Eswatini, Mozambik dan Malawi akan diblokir, mencerminkan langkah-langkah sebelumnya yang diambil oleh negara-negara anggota Uni Eropa.

Juru bicara Komisi Eropa Erik Mamer mengatakan kepala kesehatan dari semua 27 negara Uni Eropa setuju untuk memberlakukan pembatasan dalam pertemuan darurat pada hari Jumat menyusul penemuan kasus Eropa pertama dari varian di Belgia.

Para ilmuwan mengatakan mereka masih harus banyak belajar tentang mutasi baru virus dan WHO mengatakan akan memakan waktu beberapa minggu untuk memahami dampak dari varian baru, karena para ahli bekerja untuk menentukan seberapa menular itu.

WHO pada hari Jumat mengatakan bukti awal menunjukkan varian baru membawa risiko reinfeksi yang lebih tinggi daripada varian lainnya.

Para ilmuwan mengatakan itu adalah versi yang paling banyak bermutasi, yang berarti vaksin COVID-19, yang dirancang menggunakan strain asli dari Wuhan, mungkin tidak seefektif itu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mengkhawatirkan, Lebih Mudah Menular

Data yang dipresentasikan pada briefing hari Kamis 25 November yang diselenggarakan oleh Departemen Kesehatan Afrika Selatan menunjukkan bahwa beberapa mutasi omicron terkait dengan peningkatan resistensi antibodi, yang dapat mengurangi perlindungan yang ditawarkan oleh vaksin.

Mutasi tertentu juga bisa membuat omicron lebih menular, sementara yang lain belum dilaporkan sampai sekarang, mencegah para peneliti dari memahami bagaimana mereka dapat mempengaruhi perilaku strain, menurut presentasi pada briefing.

"Bukti awal menunjukkan peningkatan risiko infeksi ulang dengan varian ini, dibandingkan dengan VOC lainnya," kata WHO dalam sebuah pernyataan yang dirilis Jumat.

Penunjukan varian baru yang menjadi perhatian ditambah dengan alarm yang meningkat dari pejabat kesehatan mengirim pasar global ke dalam tailspin Jumat. Harga minyak dan saham perjalanan dan rekreasi mengambil kerugian besar pada berita.

WHO mengatakan akan memakan waktu berminggu-minggu untuk memahami bagaimana varian tersebut dapat mempengaruhi diagnostik, terapi dan vaksin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.