Sukses

Berita Hilangnya Peng Shuai Petenis Korban Pelecehan Seksual Jadi Target Sensor di China

Hilangnya bintang tenis China Peng Shuai telah mendominasi berita internasional dalam beberapa hari terakhir, tetapi di dalam China hampir tidak ada bisikan tentang kabar tersebut.

Liputan6.com, Beijing - Hilangnya bintang tenis China Peng Shuai telah mendominasi berita internasional dalam beberapa hari terakhir, tetapi di dalam China hampir tidak ada bisikan tentang kabar tersebut.

Peng – mantan putri ganda nomor satu dunia – belum terdengar kabarnya dalam lebih dari dua minggu, sejak dia memposting pernyataan panjang ke Weibo yang menuduh mantan wakil perdana menteri negara itu, Zhang Gaoli, melakukan pelecehan seksual terhadapnya.

Dalam posting 2 November, Peng mengatakan dia dan Zhang, sekarang berusia 75 tahun, selama beberapa tahun memiliki "hubungan" di luar nikah.

Peng mengatakan Zhang telah berhenti menghubunginya setelah dia naik di jajaran partai Komunis, tetapi kemudian sekitar tiga tahun yang lalu mengundangnya untuk bermain tenis bersamanya dan istrinya dan kemudian menyerangnya secara seksual di rumahnya.

Posting itu menghilang dalam waktu kurang dari setengah jam, komentar dinonaktifkan di akunnya, referensi untuknya dihapus dari internet China, dan bahkan kata kunci yang paling tidak berbahaya terkait seperti "tenis" disensor di media sosial, the Guardian mewartakan, dikutip pada Sabtu (20/11/2021).

The Guardian menemukan beberapa referensi di kalangan WeChat pribadi, termasuk ilustrasi bertema tenis, beberapa dengan kata-kata "Saya harap dia aman" dan yang lainnya berisi kode QR yang menghubungkan ke Padlet, papan pengumuman digital, bagi orang-orang untuk memposting pesan mereka sendiri.

"Kamu berani Peng Shuai. Saya harap Anda aman dan sehat dan terima kasih telah meningkatkan suara Anda dan berbagi cerita Anda," kata salah satu dari mereka.

Posting lain menunjukkan foto-foto bola tenis dengan karakter China yang tertulis di atasnya yang mengeja "Peng Shuai, bertahan di sana".

Upaya untuk mengakses forum itu menggunakan jaringan internet China tanpa VPN mengembalikan pesan kesalahan dan mengatakan situs itu berisi konten ilegal yang telah dilaporkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pemerintah dan Media China Bungkam

Informasi terkait kasus Peng Shuai juga nihil di media arus utama China, begitupun pemerintah yang tak berkomentar apapun.

Akses China ke media asing dikontrol secara ketat: CNN mengatakan pada hari Jumat 19 November 2021 bahwa umpan lokalnya dipotong setiap kali mereka menyebutkan kasus ini. The Guardian adalah salah satu dari banyak outlet asing yang diblokir sepenuhnya.

Satu-satunya penyebutan resmi oleh media China adalah upaya yang tampaknya dilakukan oleh penyiar bahasa Inggris yang dikelola negara, CGTN. Pada hari Rabu itu menerbitkan di Twitter tangkapan layar teks yang diklaimnya adalah email Peng Shuai dikirim ke kepala Asosiasi Tenis Dunia atau WTA, Steve Simon, mengatakan dia baik-baik saja dan menarik tuduhannya.

Email yang diklaim dengan cepat diberhentikan: tangkapan layar tidak memiliki garis tanggal, bidang subjek atau alamat, dan berisi kursor yang terlihat. Itu tidak dipublikasikan dalam bahasa China atau di mana saja di China, meskipun ada minat dan kekhawatiran yang jelas di antara mereka yang melihat posting viralnya sebelum dihapus.

Gagasan bahwa CGTN mungkin telah meramu email palsu dipandang agak menggelikan tetapi juga mengerikan. Pengamat mencatat bahasa dalam teks itu mirip dengan pengakuan paksa sebelumnya dan pernyataan oleh para pembangkang di masa lalu - banyak di antaranya disiarkan oleh CGTN. "Email" Peng sangat kontras dengan posting aslinya.

 

3 dari 3 halaman

Disensor karena Bisa Memicu Gerakan MeToo di China?

Peng bukan pembangkang. Pemain berusia 35 tahun itu adalah salah satu bintang olahraga paling dikenal di China yang telah dipuji oleh pemerintah. Sekarang, dia juga merupakan kasus #MeToo terbaru dan paling terkenal di negara di mana gerakan tersebut telah berjuang untuk mendapatkan daya tarik dalam menghadapi sensor yang ketat, sistem peradilan yang buram, dan permusuhan sosial dan politik.

Tidak ada tuduhan publik yang dilontarkan terhadap seorang pejabat senior partai Komunis China sebelumnya, apalagi pejabat selevelZhang, setelah duduk di badan tertinggi Partai Komunis China yang berkuasa, komite tetap politbiro tujuh anggota.

Sebagai tanda betapa sensitifnya subjek ini, Hu Xijin, editor tabloid media pemerintah, Global Times, tweeted dalam bahasa Inggris bahwa dia percaya tidak ada yang terjadi pada Peng tetapi tampaknya tidak dapat menyebutkan tuduhannya, alih-alih menyebutnya sebagai "hal yang dibicarakan orang". Dia tidak membuat pernyataan di akun China-nya.

Ketika kehebohan terus membangun di luar China atas kesejahteraan dan keberadaan Peng, dengan Asosiasi Tenis Wanita dan organisasi lain menuntut penyelidikan, dan daftar bintang tenis dan olahraga yang terus bertambah yang menyerukan jawaban, di China sendiri, berita itu hanya seperti angin lalu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.