Sukses

PM Fumio Kishida Umumkan Kemenangan Partai LDP yang Berkuasa di Jepang

PM Fumio Kishida mengumumkan kemenangan untuk partainya.

Liputan6.com, Tokyo - Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida telah mengumumkan kemenangan untuk Partai Demokrat Liberal (LDP) yang berkuasa.

Dikutip dari laman BBC, Senin (1/11/2021), dalam kemenangan besar bagi Fumio Kishida, yang baru menjadi PM Jepang sebulan lalu, partainya mendapatkan lebih dari 233 kursi majelis rendah - cukup untuk memerintah tanpa mitra koalisinya Komeito.

LDP telah mendominasi politik Jepang selama beberapa dekade tetapi dikritik karena penanganannya terhadap pandemi.

Pendahulu Kishida, Yoshihide Suga berhenti setelah hanya satu tahun menjabat. Pengunduran diri itu terjadi di tengah anjloknya peringkat jajak pendapat untuk LDP menyusul dorongan yang tidak populer untuk melanjutkan Olimpiade Tokyo meskipun ada kekhawatiran publik tentang melonjaknya tingkat Covid-19.

Kishida (64) telah lama menargetkan peran perdana menteri dan sebelumnya menjabat sebagai menteri luar negeri negara itu dari 2012 hingga 2017.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pemilihan Umum Partai

LDP memasuki pemilihan umum pada hari Minggu, memegang 276 dari 465 kursi untuk diperebutkan.

Jajak pendapat awal menunjukkan LDP perlu mengandalkan mitra koalisinya untuk mayoritas - tetapi itu bertentangan dengan harapan.LDP kini telah mencetak 261 kursi, melebihi mayoritas parlemen dari 233 kursi. Dengan Komeito mencetak 32 kursi, itu memberi koalisi mereka total 293 kursi.

Parlemen Jepang, yang dikenal sebagai Diet Nasional, terdiri dari Dewan Perwakilan Rendah dan Dewan Tinggi Dewan.

Pemungutan suara pada hari Minggu menyangkut majelis rendah yang lebih kuat, dengan pemungutan suara majelis tinggi akan berlangsung tahun depan.

Pada hari Senin, indeks saham acuan Nikkei 225 Jepang ditutup 2,6% lebih tinggi, karena investor bertaruh bahwa mayoritas LDP berarti bahwa rencana stimulus ekonomi Kishida akan melewati parlemen dengan lancar. 

Sebelum pemilihan, Kishida telah berjanji untuk menghabiskan triliunan yen untuk membantu mendukung ekonomi terbesar ketiga di dunia itu setelah pandemi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.