Sukses

Peneliti Selidiki Penyebab Beberapa Orang Bisa 'Mendengar' Suara yang Telah Meninggal

Para ilmuwan telah mengidentifikasi sifat-sifat yang dapat membuat seseorang lebih mungkin untuk mengklaim bahwa mereka mendengar suara orang yang telah meninggal.

Liputan6.com, Jakarta - Para ilmuwan telah mengidentifikasi sifat-sifat yang dapat membuat seseorang lebih mungkin untuk mengklaim bahwa mereka mendengar suara orang yang telah meninggal.

Menurut penelitian yang diterbitkan awal tahun ini, kecenderungan untuk tingkat penyerapan suara yang tinggi, pengalaman pendengaran yang tidak biasa di masa kanak-kanak, dan kerentanan yang tinggi terhadap halusinasi pendengaran semuanya terjadi lebih kuat pada orang yang mengaku sebagai cenayang, indigo, dan lainnya, ketimbang populasi umum.

Temuan ini juga dapat membantu kita untuk lebih memahami halusinasi pendengaran yang menjengkelkan yang menyertai penyakit mental seperti skizofrenia, kata para peneliti seperti dikutip dari Sceince Alert, Minggu (31/10/2021).

Pengalaman spiritual --pengalaman melihat atau mendengar sesuatu tanpa adanya stimulus eksternal, dan dikaitkan dengan roh-roh orang mati-- sangat menarik bagi para antropolog yang mempelajari pengalaman religius dan spiritual, dan para ilmuwan yang mempelajari pengalaman halusinasi patologis.

Secara khusus, para peneliti ingin lebih memahami mengapa beberapa orang dengan pengalaman pendengaran melaporkan pengalaman spiritualis, sementara yang lain menemukan mereka lebih menyedihkan, dan menerima diagnosis kesehatan mental.

"Spiritualis cenderung melaporkan pengalaman pendengaran yang tidak biasa yang positif, mulai di awal kehidupan dan yang sering mereka kendalikan," jelas psikolog Peter Moseley dari Northumbria University di Inggris ketika penelitian pertama kali keluar.

"Memahami bagaimana perkembangan ini penting karena dapat membantu kita memahami lebih banyak tentang pengalaman menyedihkan atau tidak dapat dikontrol dari mendengar suara juga."

Dia dan rekannya psikolog Adam Powell dari Durham University di Inggris merekrut dan mensurvei 65 orang yang mengaku cenayang dan sejenisnya dari Uni Nasional Spiritualis Inggris, dan 143 anggota populasi umum direkrut melalui media sosial, untuk menentukan apa yang membedakan Spiritualis dari masyarakat umum, yang (biasanya) tidak melaporkan mendengar suara-suara orang mati.

Secara keseluruhan, 44,6 persen dari Spiritualis melaporkan mendengar suara setiap hari, dan 79 persen mengatakan pengalaman itu adalah bagian dari kehidupan sehari-hari mereka. Dan sementara sebagian besar melaporkan mendengar suara-suara di dalam kepala mereka, 31,7 persen melaporkan bahwa suara-suara itu juga eksternal.

Hasil survei sangat mengejutkan:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mengindikasikan Pengaruh Kepercayaan pada Hal-Hal Mistis

Dibandingkan dengan populasi umum, spiritualis melaporkan kepercayaan yang jauh lebih tinggi pada paranormal dan cenderung tidak peduli apa yang orang lain pikirkan tentang mereka.

Spiritualis secara keseluruhan memiliki pengalaman pendengaran pertama mereka muda, pada usia rata-rata 21,7 tahun, dan melaporkan tingkat penyerapan yang tinggi. Itu adalah istilah yang menggambarkan perendaman total dalam tugas dan kegiatan mental atau keadaan yang berubah, dan seberapa efektif individu dalam menyetel dunia di sekitar mereka.

Selain itu, mereka melaporkan bahwa mereka lebih rentan terhadap pengalaman seperti halusinasi. Para peneliti mencatat bahwa mereka biasanya tidak pernah mendengar tentang Spiritualisme sebelum pengalaman mereka; Sebaliknya, mereka telah menemukannya sambil mencari jawaban.

Pada populasi umum, tingkat penyerapan yang tinggi juga sangat berkorelasi dengan kepercayaan pada paranormal - tetapi sedikit atau tidak ada kerentanan terhadap halusinasi pendengaran. Dan pada kedua kelompok, tidak ada perbedaan dalam tingkat kepercayaan pada paranormal dan kerentanan terhadap halusinasi visual.

Hasil ini, kata para peneliti, menunjukkan bahwa mengalami 'suara orang mati' oleh karena itu tidak mungkin menjadi hasil dari tekanan teman sebaya, konteks sosial yang positif, atau sugestibilitas karena kepercayaan pada paranormal. Sebaliknya, orang-orang ini mengadopsi Spiritualisme karena sejalan dengan pengalaman mereka dan secara pribadi berarti bagi mereka.

"Temuan kami mengatakan banyak tentang 'belajar dan merindukan'. Bagi peserta kami, prinsip-prinsip Spiritualisme tampaknya memahami pengalaman masa kecil yang luar biasa serta fenomena pendengaran yang sering mereka alami sebagai media praktik," kata Powell.

"Tetapi semua pengalaman itu mungkin hasil lebih dari memiliki kecenderungan tertentu atau kemampuan awal daripada hanya percaya pada kemungkinan menghubungi orang mati jika seseorang mencoba cukup keras."

Penelitian masa depan, mereka menyimpulkan, harus mengeksplorasi berbagai konteks budaya untuk lebih memahami hubungan antara penyerapan, kepercayaan, dan aneh, pengalaman spiritual hantu berbisik di telinga seseorang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini