Sukses

Hakim Federal AS Tetap Izinkan Mandat Masker di Sekolah di Tennessee

Liputan6.com, Nashville - Seorang hakim federal telah memblokir perintah eksekutif oleh Gubernur Tennessee, Bill Lee yang mengizinkan orang tua tidak pakai masker di sekolah agar tidak diberlakukan di Wlliamson Country.

Putusan itu berasal dari gugatan yang diajukan oleh dua keluarga anak-anak penyandang disabilitas di Williamson County Schools dan Franklin Special School District, serta otoritas negara bagian, menurut laporan The Tennessean

Gugatan itu berpendapat bahwa menghapus mandat masker menempatkan anak-anak yang rentan secara medis pada risiko COVID-19, seperti dilansir dari UPI, Minggu (24/10/2021).

"Catatan sebelum pengadilan menetapkan bahwa mandat masker universal yang sementara diadopsi oleh sistem Williamson County Schools dan Franklin, dan kemungkinan akan terus, efektif dalam membatasi penyebaran COVID-19," tulis Hakim Distrik, AS Waverly D. Crenshaw dalam pendapatnya dikeluarkan Jumat.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Pro dan Kontra Pemberlakuan Mandat Masker

Hakim federal lainnya di Memphis dan Knoxville mengeluarkan pendapat serupa yang menemukan bahwa siswa penyandang disabilitas memiliki risiko lebih besar terkena infeksi virus COVID-19.

"Ini adalah keputusan mahakarya yang tidak diragukan lagi bahwa masker diperlukan untuk melindungi anak-anak yang rentan secara medis dan komunitas sekolah yang lebih besar," Justin S. Gilbert, pengacara untuk kedua keluarga itu.

Putusan itu adalah yang terbaru dalam pertempuran hukum yang bermunculan atas mandat masker. 

Bulan lalu, Jaksa Agung Texas, Ken Paxton menggugat enam distrik sekolah yang menentang larangan serupa di seluruh negara bagian tentang persyaratan penggunaan masker. Gubernur Florida, Ron DeSantis mengancam gaji pejabat dewan sekolah yang mendukung mandat masker.

 

Reporter: Cindy Damara