Sukses

Babiya Si Buaya Vegetarian, 7 Dekade Tinggal di Kuil India Makan Nasi

Babiya merupakan buaya vegetarian yang telah hidup selama lebih dari 70 tahun di Kuil Danau Swamy Sri Ananthapadmanabha, Kasaragod, India Selatan.

Liputan6.com, Jakarta - Kuil Danau Swamy Sri Ananthapadmanabha di Distrik Kasaragod, Kerala, India Selatan, diduga kuat menjadi rumah bagi buaya vegetarian bernama 'Babiya' yang telah tinggal di sana selama lebih dari 70 tahun.

Tahun lalu gambar buaya besar di dalam kuil tersebut menjadi berita utama internasional, sehingga meningkatkan popularitas kuil Hindu kecil itu.

Dilansir Oddity Central, Kamis (21/10/2021), kejadian itu merupakan salah satu dari beberapa kali reptil raksasa itu memasuki kuil. Ia kerap menghabiskan sebagian besar waktunya di kolam yang berdekatan dengan kuil.

Buaya tersebut menunggu para pendeta untuk membawakannya makanan sehari-hari, yang selalu vegetarian.

Menurut para pendeta, Babiya telah hidup di Kuil Sri Ananthapadmanabha hanya dengan memakan nasi selama dia berada di kuil, yang berarti sudah lebih dari tujuh dekade.

Babiya sudah ada begitu lama di sana, sehingga semua orang melihatnya sebagai bagian dari pemandangan. Para pendeta di sana juga mengklaim bahwa reptil itu tidak pernah mencoba menyerang mereka, dan mereka menganggap hewan tersebut suci.

"Legenda mengatakan bahwa pada tahun 1945, seekor buaya yang juga kemudian disebut Babiya muncul di kolam kuil beberapa hari setelah seorang perwira tentara Inggris dibunuh secara misterius oleh binatang yang tidak diketahui. Dikatakan bahwa petugas tersebuttelah menembak seekor buaya yang berada di kuil pada waktu itu," kata Mahalingeshwara Bhat, ketua dewan pengawas kuil.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Buaya yang Tidak Berbahaya

Babiya yang juga dikenal sebagai buaya rawa ini, menerima dua kali makan nasi per hari, satu di pagi hari dan satu lagi di sore hari. Menurut staf di kuil Sri Ananthapadmanabha, ia tidak pernah menerima daging apapun dan bahkan tidak menyerang ikan yang berbagi kolam dengannya.

Bagian terakhir itu sulit dipercaya, mengingat diet vegetarian sepenuhnya sulit dipercaya dilakukan oleh buaya.

"Saya memberi makan Babiya 1 kg beras setiap hari. Dia tidak diberi makan daging, bahkan tidak menyerang ikan di danau," kata seorang anggota staf kuil.

Menurut pakar buaya, Anirban Chaudhuri, Babiya adalah jenis buaya rawa yang makanan liar alami mereka adalah ikan, reptil ini juga memakan mamalia kecil dan besar, seperti rusa, babi hutan, dan lain-lain. Hal menarik lainnya tentang Babiya adalah bahwa selama 70 tahun berada di kuil, ia tidak pernah menyerang manusia di sana.

Uniknya lagi ketika buaya itu memasuki bangunan kuil tahun lalu, kepala pendeta Chandraprakash Nambisan meminta Babiya kembali ke kolam dan secara mengejutkan reptil itu mendengarkan, berbalik, dan kembali ke tempat favoritnya.

Selama bertahun-tahun, Sri Ananthapadmanabha Swamy Lake Temple atau Kuil Danau Swamy Sri Ananthapadmanabha di Kasaragod telah terkenal sebagai rumah buaya vegetarian yang tidak berbahaya, dan kini banyak orang yang berkunjung ke sana hanya untuk melihat Babiya, si buaya vegetarian.

Penulis: Vania Dinda Marella

3 dari 3 halaman

Infografis COVID-19 Varian Delta India Hantui Indonesia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.