Sukses

Populasi di China Dikhawatirkan Bisa Berkurang Hingga Setengahnya dalam 45 Tahun ke Depan

Sebuah studi terbaru memperingatkan bahwa populasi di China dapat berkurang hingga setengah dalam waktu 45 tahun.

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah studi baru telah memperingatkan bahwa populasi di China menurun mungkin jauh lebih cepat dari yang diharapkan, dengan jumlah orang di negara itu berkurang setengahnya dalam 45 tahun ke depan.

Dilansir dari laman South China Morning Post, Jumat (1/10/2021), proyeksi tersebut didasarkan pada angka kelahiran resmi 1,3 anak per wanita tahun lalu – jauh di bawah angka 2 yang dibutuhkan untuk menjaga angka tersebut tetap stabil – dan memperkirakan penurunan yang jauh lebih dramatis dari perkiraan sebelumnya. 

Populasi warga China saat ini lebih dari 1,4 miliar dan pada tahun 2019 PBB memproyeksikan bahwa China masih akan memiliki sekitar 1,3 miliar orang pada tahun 2065.

Perkiraan lain diterbitkan di Lancet oleh peneliti dengan University of Washington tahun lalu menyarankan populasi China akan berkurang setengahnya pada tahun 2100.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Penurunan Populasi

Tetapi penelitian baru, dari Profesor Jiang Quanbao dan rekan-rekannya dengan institut studi kependudukan dan pembangunan di Universitas Xian Jiaotong, memperingatkan bahwa penurunan populasi negara itu mungkin sangat diremehkan. Proyeksi PBB, misalnya, didasarkan pada asumsi bahwa tingkat kesuburan China akan tetap di atas 1,7 anak per wanita. 

China memiliki 12 juta bayi baru lahir tahun lalu, 25 persen lebih rendah dari perkiraan PBB.

Pihak berwenang Tiongkok “perlu memperhatikan dengan cermat potensi kelembaman negatif dari pertumbuhan penduduk dan membuat rencana dengan tindakan pencegahan terlebih dahulu,” tulis Jiang dalam penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Xian University of Finance and Economics.

Tingkat kelahiran baru, meskipun secara tak terduga rendah, didasarkan pada data dari sensus terbaru, yang diyakini paling akurat karena dikumpulkan seluruhnya dengan bantuan perangkat digital untuk pertama kalinya dan diperiksa silang dengan kumpulan data pemerintah lainnya. 

Meskipun temuan sensus hanya sebagian telah diungkapkan kepada publik, informasi yang terbatas telah memberikan cahaya baru pada perubahan dan tren pembangunan masa depan dalam populasi China, menurut para peneliti.

Pandemi mungkin berdampak pada persalinan tahun lalu - tetapi Jiang dan rekan-rekannya mengatakan kemungkinan tingkat kelahiran akan pulih rendah. Mereka mengatakan kemungkinan besar bahwa total populasi akan segera mulai menurun dengan cepat karena penurunan jumlah wanita usia subur. 

“Jika tingkat kesuburan turun menjadi 1, dalam 29 tahun populasi di negara kita akan turun setengahnya,” kata mereka.

Menurut data sensus baru, anak-anak membentuk sekitar 17 persen dari populasi, sementara proporsi di atas 60-an naik menjadi lebih dari 18 persen.

3 dari 3 halaman

Jumlah Lansia Lebih Banyak

Para peneliti mengatakan ini adalah pertama kalinya China memiliki lebih banyak senior daripada orang muda. 

“Orang-orang tidak berani memiliki anak karena tekanan ekonomi yang meningkat,” tulis mereka. 

“Ada juga kekurangan parah dalam mendukung layanan untuk melahirkan dan merawat anak.”

Sementara pemerintah telah melonggarkan kebijakan kependudukannya awal tahun ini, memungkinkan semua keluarga memiliki tiga anak, banyak penelitian telah menunjukkan bahwa faktor-faktor ekonomi seperti harga properti yang tinggi merupakan kekuatan utama yang menurunkan angka kelahiran.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Negara dengan penduduk terbanyak di seluruh dunia. Negara ini telah berganti nama menjadi Republik Rakyat Tiongkok.
    Negara dengan penduduk terbanyak di seluruh dunia. Negara ini telah berganti nama menjadi Republik Rakyat Tiongkok.

    China

  • Populasi