Sukses

Daftar Aturan Baru Xi Jinping di China, Larang Les Privat hingga Batasi Waktu Main Game

Xi Jinping mengeluarkan aturan baru yang merampas hampir seluruh privasi warganya.

Liputan6.com, Beijing - Sejak merayakan seratus tahun perayaan dengan kemeriahan besar pada bulan Juli, Partai Komunis China telah memberlakukan berbagai peraturan yang memberi tahu orang-orang China, terutama generasi muda, bagaimana menjalani kehidupan sehari-hari mereka.

Mengutip CNN, Jumat (10/9/2021), aturan baru oleh Xi Jinping di antaranya menentukan berapa banyak waktu anak-anak dapat bermain video game, kapan dan bagaimana siswa dapat mengambil kelas sepulang sekolah, tayangan hiburan seperti apa yang dapat ditonton orang di TV dan kegiatan seperti apa yang dapat diikuti oleh penggemar untuk mendukung selebritas idola mereka.

Kebijakan ini telah menerima berbagai tingkat dukungan publik.

Pembatasan keras yang membatasi anak di bawah umur untuk bermain video game tiga jam seminggu telah dipuji oleh banyak orangtua yang bingung bagaimana mengekang kebiasaan bermain game anak-anak mereka.

Langkah-langkah tersebut merupakan upaya terbaru oleh Presiden Xi Jinping untuk menegaskan kembali dominasi partai dalam membentuk kehidupan pribadi warga China, menandai perubahan signifikan dari arah yang lebih lepas tangan yang telah diambil oleh para pemimpin China dalam beberapa dekade terakhir.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kebebasan Individu Terbatas

Kebijakan baru-baru ini sangat diwarnai dengan nuansa paternalistik dan fokus terutama pada pemuda negara itu, yang dikhawatirkan partai telah menjadi korban dari apa yang dilihatnya sebagai pencarian keuntungan yang serakah oleh perusahaan swasta dan pengaruh nilai-nilai Barat yang tidak semestinya.

Bulan lalu, sebuah komentar media pemerintah menyebut video game "candu spiritual", yang dikatakan memiliki "dampak negatif pada kesehatan fisik dan mental anak di bawah umur."

 

3 dari 4 halaman

Daftar Aturan Larangan oleh Xi Jinping

1. Aturan Bermain Game

Pemerintah China melarang anak di bawah umur bermain game online pada hari-hari sekolah. Mereka hanya diperbolehkan bermain selama satu jam antara jam 8 malam sampai jam 9 malam, pada hari Jumat, akhir pekan dan hari libur nasional.

2. Larang Les Privat

Pemerintah China melarang siswa-siswa usia sekolah untuk mengikuti kelas usai sekolah di tempat tak terdaftar termasuk rumah atau hotel. 

3. Larang Penampilan Pria Feminim di TV

Pada tanggal 28 Agustus, Guangming Daily yang dikelola pemerintah mengecam bintang pria karena tampil di drama idola dan variety show dalam "dandanan tebal, pakaian centil dan tampil androgini", memperingatkan "pengaruh buruk mereka pada selera estetika anak muda."

Larangan tayangan pria feminim di acara hiburan, sementara itu, telah menuai kritik luas karena mempromosikan stereotip dan diskriminasi gender.

4. Larang Kelas Online

Selain les privat, kelas online juga ikut dilarang oleh pemerintah China. 

5. Pembatasan Kekayaan Warga

Aturan ini diterapkan lantaran adanya kesenjangan sosial maka dari itu Presiden Xi Jinping menjanjikan kemakmuran di dalam negeri.

6. Wajib Identifikasi Maritim di Laut China Selatan

Otoritas kelautan akan mewajibkan identifikasi kapal-kapal yang masuk ke perairannya.

7. UU Keamanan Data

Terkait aturan keamanan nasional China, kesalahan menangani data penting dan bersifat nasional akan ditindak secara tegas.

4 dari 4 halaman

Infografis Klaim Sepihak China di Laut Natuna

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.