Sukses

Gempa Magnitudo 5,2 Guncang Honduras, Getaran Terasa hingga Belize dan Guatemala

Menurut laporan dari USGS.gov, gempa bumi tak hanya terasa di Honduras saja. Melainkan negara lain seperti Belize dan Guatemala.

Liputan6.com, Pinalejo - Gempa bumi magnitudo 5,2 mengguncang Honduras pada Rabu (25/8) malam, pukul 21:04 waktu setempat.

Laporan gempa bumi ini disampaikan oleh Survei Geologi AS, demikian dikutip dari laman Xinhua, Kamis (26/8/2021).

Pusat gempa berada di timur laut Pinalejo dengan jarak 9 kilometer, dengan pusat gempa di kedalaman 8,88 km.

Menurut laporan dari USGS.gov, gempa tak hanya terasa di Honduras saja. Melainkan negara lain seperti Belize dan Guatemala.

Hingga saat ini belum ada laporan soal korban jiwa maupun kerusakan yang diakibatkan oleh gempa tersebut.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Gempa Magnitudo 7,8 di Tahun 2018

Gempa magnitudo 7,8 pernah mengguncang pesisir utara Honduras pada 10 Januari 2018. Demikian menurut U.S. Geological Survey.

Menurut abc7.com, pusat lindu itu berasa di 201,8 km di timur laut pesisir Barra Patucca, Honduras. Media Amerika Serikat kala itu mengabarkan belum ada laporan adanya kerusakan.

Sementara itu Pacific Tsunami Warning Center (PTWC) mengeluarkan peringatan tsunami, usai gempa dengan kedalaman 33 km itu terjadi.

"Berdasarkan parameter gempa bumi awal, ada kemungkinan gelombang tsunami berbahaya yang berlokasi 1.000 km dari pusat gempa," demikian keterangan yang dirlis PTWC dalam websitenya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.