Sukses

Militer China Pamerkan Drone Bawah Laut Menyerupai Ikan Arwana

Pameran Militer Beijing pada 5 Juli 2021 memamerkan sebuah drone dalam air yang menyerupai ikan arwana.

Liputan6.com, China - Sebuah drone dalam air yang menyerupai ikan arwana mendapat banyak perhatian pengguna sosial media setelah debutnya di Pameran Militer awal Juli 2021.

Pameran Militer Beijing, China tahun ini diselenggarakan pada 5 Juni 2021. Namun, bukan tank, rudal, atau peralatan militer mematikan lainnya yang menarik perhatian.

Hal yang menjadi sorotan wartawan justru adalah seekor 'ikan arwana' yang berenang di tangki air besar, demikian dikutip dari laman Oddity Central, Selasa (13/7/2021).

Sepintas, ikan tersebut tampak normal. Mulai dari penampilan hingga gereakannya.

Berenang kesana sini, mengangkat kepalanya beberapa saat, dan setiap kali mencapai ujung tangki, ikan itu akan mengepakkan ekor lalu berenang ke arah lain. Siapa sangka, ternyata ikan tersebut adalah robot canggih yang dibuat menyerupai ikan arwana.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Potensi Robot Ikan Arwana

Dikembangkan oleh perusahaan China Boya Gongdao, arwana bionik ini didasarkan pada penampilan dan gerakan fluida ikan yang sebenarnya.

Robot ikan dilengkapi berbagai fitur sebagai sensor dan teknologi kontrol penglihatan global, sereta baterai yang dapat bertahan selama 6-8 jam.

Pencipta robot ikan yang sangat realistis ini percaya bahwa ciptaannya dapat sangat berguna dalam bidang pendidikan, penelitian ilmiah dan penelitian biologi kelautan.

Namun, satu hal yang tak dapat diabaikan adalah potensinya menjadi alat pengintai dan pengawasan. Terutama mengingat China tertarik pada teknologi AI sebagai solusi masalah pengawasan.

 

Reporter: Ielyfia Prasetio

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.