Sukses

Kanada Perdana Tunjuk Orang Pribumi Suku Inuit Jadi Gubernur Jenderal

Liputan6.com, Ontario - Perdana Menteri Kanada telah menunjuk Mary Simon sebagai gubernur jenderal. Ia merupakan orang pribumi pertama yang memegang jabatan tersebut.

Mantan diplomat dan pembela hak Inuit akan mewakili kepala negara Kanada, Ratu Elizabeth II.

Pengumuman itu muncul hampir enam bulan setelah mantan gubernur jenderal, Julie Payette, mengundurkan diri di tengah tuduhan perundungan.

Sementara perannya sebagian besar seremonial, gubernur jenderal memimpin tugas-tugas penting negara.

Mengutip BBC, Rabu (7/72021), penunjukan Simon mengikuti perhitungan nasional atas warisan residential school Kanada. Sekolah asrama yang didanai pemerintah ini merupakan bagian dari kebijakan untuk mencoba mengasimilasi anak-anak pribumi dan memutar kembali budaya dan bahasa pribumi.

Dalam dua bulan terakhir, ratusan kuburan tak bertanda, yang diyakini milik mantan siswa sekolah asrama, telah ditemukan.

Pada Selasa 6 Juli, Simon mengatakan pencalonannya yang "bersejarah" adalah "langkah maju yang penting di jalan panjang menuju rekonsiliasi" dan menuju "membangun masyarakat Kanada yang lebih inklusif dan adil".

Simon yang lahir di Quebec utara mengatakan dia dibesarkan untuk mempertahankan hubungan aktif dengan budaya dan warisan Inuit. Dia telah menjabat sebagai duta besar untuk Denmark dan sebagai presiden Inuit Tapiriit Kanatami, organisasi Inuit nasional Kanada.

Sejumlah media juga menyebut Simon adalah mantan jurnalis dan advokat hak-hak masyarakat adat. NY Post mengatakan bahwa ia awalnya berkarir tahun 1970-an sebagai penyiar untuk CBC.

Mary Simon bilingual dalam bahasa Inggris dan Inuktitut - tetapi bukan bahasa Prancis. Dia mengatakan tak diberi kesempatan untuk belajar bahasa Prancis saat studi sekolah federal di Quebec.

Kanada memiliki dua bahasa resmi: Inggris dan Prancis. Jarang terjadi penunjukan pada sosok yang tak mahir dalam kedua bahasa tersebut. Kendati demikian Simon mengatakan pada hari Selasa bahwa dirinya berkomitmen untuk melanjutkan studi bahasa Prancis.

 

2 dari 2 halaman

Menggantikan Kepemimpinan Sosok Astronaut

Pada bulan Januari, astronaut Julie Payette mengundurkan diri setelah empat tahun bekerja di tengah laporan atas penyelidikan tempat kerja yang sangat kritis akan dipublikasikan.

Tinjauan pihak ketiga menemukan dia memimpin lingkungan kerja yang "beracun", dengan contoh "berteriak, menjerit, perilaku agresif, komentar merendahkan dan penghinaan publik."

Pemerintah telah meluncurkan penyelidikan eksternal setelah CBC News melaporkan tahun lalu bahwa beberapa anggota staf merasa diintimidasi oleh Payette.

Setelah pengunduran dirinya, PM Kanada Justin Trudeau menunjuk Ketua Hakim Kanada Richard Wagner sebagai gubernur jenderal sementara. Dia mengatakan pada hari Selasa bahwa hampir 100 nama telah dicek dan diperiksa sebelum Mary Simon dipilih.

Sebagai wakil Ratu Elizabeth di Kanada, gubernur jenderal menjalankan banyak tugas selama ketidakhadirannya.

Dia memiliki kekuatan untuk memberikan pidato takhta dan menangguhkan parlemen, memberikan persetujuan kerajaan untuk undang-undang, bersumpah sebagai perdana menteri dan merupakan panglima Angkatan Bersenjata Kanada.