Sukses

Akuarium di Connecticut Lelang Kesempatan Beri Nama 3 Paus Beluga, Siapa Saja Bisa Ikutan

Liputan6.com, Jakarta - Akuarium di Connecticut, Amerika Serikat berencana melelang kesempatan kepada siapa saja untuk memberi nama tiga dari lima paus beluga yang baru saja tiba, untuk mengumpulkan dana perawatan mereka. Pengumpulan dana itu juga termasuk memfasilitasi pengangkutan paus dari Kanada.

Presiden dan CEO Mystic Aquarium, Stephen Coan mengatakan Sea Research Foundation telah bekerja sama dengan rumah lelang Guernsey's yang berbasis di New York, untuk mengadakan lelang dan penggalangan dana pada 19 Agustus mendatang.

"Ketiga paus itu akan mendapatkan apa yang kita sebut sebagai nama panggung, dan mereka akan disebut dengan nama-nama tersebut ke depannya," kata Stephen Coan, seperti dilansir Associated Press, Selasa (22/6/2021).

"Kami telah memberi nama lain sebelumnya dan orang-orang sangat senang dengan kesempatan itu. Itu benar-benar membuat hewan menjadi bagian dari komunitas dan bagaimana warga juga bisa merasakan pengalaman menyambut hewan baru," tuturnya.

Pihak akuarium berharap untuk mengumpulkan dana hingga US$ 4 juta di pelelangan, yang juga akan mencakup kegiatan seni, atraksi perahu atau mobil antik dan beberapa pengalaman unik lainnya. 

Coan juga mengatakan, bahwa perawatan paus beluga dipungut biaya hingga US$5 juta per tahun - termasuk sekitar us$ 250.000 per tahun untuk membayar makanan dan perawatan per ekornya, serta biaya yang terkait dengan menjalankan penelitian.

Tak hanya itu, Sea Research Foundation juga menghabiskan jutaan dolar bulan lalu untuk mengangkut paus dari rumah mereka sebelumnya di Marineland di Air Terjun Niagara, Ontario.

Pengangkutan itu pun menggunakan tandu yang dibuat khusus dan tangki khusus di dalam pesawat kargo C-130, kata Coan.

2 dari 3 halaman

Penyambutan Kedatangan Paus Baru

Mystic Aquarium, yang berspesialisasi dalam penelitian terkait paus beluga, menghabiskan waktu hingga berbulan-bulan untuk mendapatkan persetujuan dari AS dan Kanada untuk melakukan pelelangan itu.

Mereka juga harus mengatasi tantangan dari beberapa kelompok hak asasi hewan, yang menentang langkah tersebut.

Pengumuman lelang datang pada hari yang sama ketika paus-paus baru itu ditempatkan sepenuhnya ke bagian utama habitat beluga bersama tiga paus - Kela, Juno dan Natasha.

Coan mengatakan semua paus menyesuaikan diri dengan baik dan dalam keadaan sehat, meskipun salah satunya masih perlu dirawat karena kondisi tertentu.

Paus yang bernama Juno telah berkomunikasi dengan paus lainnya selama lima pekan terakhir melalui penghalang yang membuat mereka terpisah dan mereka tampaknya sangat ramah, kata Coan.

Sementara paus yang bernama Natasha, tampaknya tidak menyadari adanya pendatang baru dan sedikit kaget.

Paus yang bernama Kelo "awalnya tampak sedikit sedih untuk berbagi ruang dengan yang lain," ungkapnya.

"Mereka saling mengenal sekarang, jadi itu pemandangan yang bagus," katanya.

Semua paus baru akan segera memulai pelatihan mereka melalui penguatan positif, agar mereka bisa membantu dalam penelitian nantinya.

Coan mengatakan ada pedoman tentang bagaimana akuarium memberikan nama untuk paus.

Nama-nama yang dilarang, sebagai contoh, adalah nama perusahaan atau kata-kata yang menyinggung.

3 dari 3 halaman

Infografis 4 Tips Ciptakan Sirkulasi Udara di Ruangan Cegah COVID-19