Sukses

Patung Buddha Raksasa Baru di Thailand Senilai Rp 228 M Jadi Sorotan

Liputan6.com, Bangkok - Sebuah kuil di Thailand membangun patung Buddha setinggi 69 meter. Patung raksasa ini menghiasi langit kota metropolitan Bangkok. Konstruksi patung yang hampir dikatakan rampung itu sudah bisa dinikmati oleh warga Bangkok.

Kuil "The Royal Wat Paknam Phasi Charoen" berada di pinggir kota Bangkok. Kuil ini dibangun pada tahun 1610 M dan terletak di sebuah pulau yang terbentuk dari kanal-kanal yang mengalir di Sungai Chao Phraya.

"Proyek patung raksasa ini dimulai pada tahun 2017 dan ukurannya setinggi gedung 20 lantai. Seharusnya sudah rampung dan pembukaan resmi dilaksanakan tahun ini. Akan tetapi harus ditunda dahulu karena pandemi COVID-19. Sementara waktu penundaan hingga tahun 2022," ungkap Pisan Sangkapinij.

Melansir dari Bangkok Post pada Selasa (22/06/2021), patung tersebut bernama "Phra Buddha Dhammakaya Thepmongkhon". Patung terbuat dari tembaga lalu dicat warna emas. Posisi patung adalah duduk seperti postur lotus.

Suku cadangnya diproduksi di China sebelum dikirim ke Thailand untuk dirakit.

"Seharusnya patung ini terlihat dari semua bagian jalur kereta api yang membentang di ibu kota Bangkok," lanjut Pisan.

2 dari 2 halaman

Patung Buddha Dibangun Sebagai Bentuk Penghormatan Terhadap Mantan Kepala Biara

Dana pembangunan patung diperoleh dari sumbangan 500 juta baht atau setara 228 miliar rupiah. Kuil pun memutuskan membangun patung untuk menghormati agama Buddha.

Pisan mengatakan bahwa patung ini sekaligus sebagai bentuk penghormatan kepada mantan kepala biara Luang Pu Sodh Candasaro, yang membantu mengembangkan kuil sebagai pusat meditasi yang terkenal.

"Patung itu telah menarik dua kali lipat jumlah pengunjung ke kuil dari biasanya, dan kuil berharap semoga bisa mendatangkan lebih banyak lagi setelah perbatasan Thailand dibuka karena pandemi. Sehingga bisa mendatangkan wisatawan kembali," tutup Pisan.

Patung Buddha tertinggi di Thailand adalah patung Phra Buddha Maha Nawamin di Provinsi Ang Thong. Tinggi patungnya mencapai 92 meter.

Reporter: Bunga Ruth