Sukses

Badai Tropis Claudette Hantam Alabama, 12 Orang Dilaporkan Meninggal Dunia

Akibat jalanan licin, sejumlah kendaraan bertabrakan dan mengambil 12 nyawa, 10 di antaranya anak-anak.

Liputan6.com, Montgomery - Badai tropis Claudette merenggut 12 nyawa di Alabama, Amerika Serikat (AS), saat badai tersebut menyapu wilayah tenggara AS dengan banjir bandang dan angin puting beliung yang menghancurkan puluhan rumah.

Dikutip dari CNA, Senin (21/6/2021), sepuluh orang, termasuk sembilan anak-anak, tewas pada Sabtu 19 Juni 2021 dalam kecelakaan beruntun sekitar 55 kilometer selatan Montgomery di Interstate 65, menurut pihak berwenang setempat, Wayne Garlock.

Ia mengatakan, kendaraan tersebut kemungkinan tergelencir di jalan basah, dengan delapan anak, usia empat hingga 19, tewas dalam mobil milik organisasi untuk anak-anak yang dilecehkan atau diabaikan yang dioperasikan oleh Asosiasi Sheriff Alabama.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Akan Dilakukan Penyelidikan Terkait Kecelakaan Itu

Di kendaraan yang terpisah, Garlock mengatakan ada dua orang lain yang tewas -- Cody Fox (29) dan putrinya yang berusia sembilan bulan, Ariana.

"Dia adalah pria yang hebat dan kami akan sangat merindukannya," kata Aaron Sanders, yang bekerja dengan Fox di badan manajemen darurat di Marion County.

Ia juga mengatakan Fox juga menjalankan bisnis bak mandi air panas dengan ayahnya.

"Ia hanya mencintainya sampai mati dan anaknya adalah hidupnya," jelas Sanders saat menceritakan tentang rasa sayang Fox kepada anaknya.

Karena insiden tersebut, beberapa orang juga mengalami luka-luka.

Dewan Kesalamatan Transportasi Nasional mengunggah di akun Twitter-nya bahwa mereka mengirim sepuluh penyelidik ke daerah tersebut pada hari Minggu 20 Juni 2021 untuk menyelidiki kecelakaan itu.

Penyelidikan akan fokus pada teknologi kendaraan seperti sistem peringatan tabrakan ke depan, integritas tangki bahan bakar dan kemampuan bertahan penumpang.

Sementara itu, seorang pria berusia 24 tahun dan seorang bocah lelaki berusia tiga tahun tewas ketika sebua pohon tumbanag di rumah mereka di luar batas kota Tuscaloosa pada hari Sabtu, kata Kapten Jack Kennedy dari Unit Kejahatan Kekerasan Tuscaloosa.

Sejumlah kematian tersebut terjadi saat hutan lebat menyerang Alabama bagian utara dan Georgia pada Sabtu malam. Hujan setinggi 30 centimeter dilaporkan sebelumnya akibat Claudette di sepanjang Pantai Teluk Mississippi.

Pengawasan banjir badan telah dipasang pada hari Minggu untuk sejumlah wilayah -- Georgia utara, sebagian besar South Carolina, pantai South Carolina, bagian tenggara Alabama, dan Florida Panhandle.

 

Reporter: Paquita Gadin

3 dari 3 halaman

Infografis Biang Kerok Lonjakan Covid-19 di Indonesia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.