Sukses

Kedutaan India Bakal Gelar Perayaan Yoga International Day 2021

Liputan6.com, Jakarta - Pandemi COVID-19 tak jadi halangan bagi Kedutaan Indonesia di Jakarta untu menggelar perayaan Yoga International Day atau Hari Yoga Internasional 2021. Ini merupakan peringatan kedua yang jatuh di tengah wabah Virus Corona yang melanda dunia.

Rencananya gelaran yoga tersebut bakal digelar 20 Juni 2021 mendatang.

"Pada 20 Juni pukul 09.00 pagi, kami telah mengorganisir pertunjukan terbatas tentang latihan yoga. Standar tentang bagaimana cara merelaksasi tubuh Anda untuk mulai melakukan gerakan yoga dan kemudian diakhiri dengan beberapa latihan pernapasan," ujar Duta Besar India untuk Indonesia, Manoj Kumar Bharti dalam wawancara khusus program The Ambassador Liputan6.com pada Rabu 16 Juni 2021.

Dubes Manoj mengatakan bahwa ia menggandeng sejumlah ahli yoga di Jakarta untuk gelaran perayaan Yoga International Day 2021 di Kedutaan India.

"Mereka akan menampilkan seluruh protokol yoga. Akan ada sekitar 50 orang paling banyak. 50 orang di Aula besar yang kami miliki," tutur Dubes Manoj.

Acara tersebut, imbuh dubes yang pernah bertugas di Ukraina itu, tentu digelar sesuai dengan anjuran protokol kesehatan yang tengah diterapkan di Ibu Kota. 

"Ini juga untuk mengikuti protokol yang ditetapkan oleh pemerintah Indonesia, juga Kota Jakarta," tegasnya lagi.

Ia pun menekankan bahwa meski lebih sedikit orang yang melakukan yoga akan tetap bermanfaat bagi semua orang.

"Seluruh acara ini seharusnya tidak berlangsung lebih dari satu jam, dari pukul 09.00 hingga 10.00. Akan disiarkan langsung," paparnya lagi.

Selain siaran langsung kegiatan yoga di auditorium Kedutaan Besar India di Jakarta, akan ada juga sesi diskusi di kotak obrolan tayangan video di salah satu platform media sosial.

"Orang-orang juga bisa bertanya dan kami jawab secara online di chat box. Mudah-mudahan, orang-orang akan mendapat manfaat,ucapnya.

Pada kesempatan wawancara khusus dengan Liputan6.com, Dubes Manoj juga mengajak orang-orang untuk yoga.

"Bagi mereka yang masih berpikir kapan memulai yoga, dapatkan cukup keberanian dan arahan untuk memulainya pada tanggal 21 Juni tahun ini," pungkasnya.

2 dari 2 halaman

Dubes Manoj Juga Bakal Ikut Yoga

Duta Besar India untuk Indonesia, Manoj Kumar Bharti juga mengatakan bahwa dirinya akan turut serta melakukan yoga dalam perayaan Yoga International Day 2021 pada 2o Juni mendatang.

"Ya tentu saja. Segala hal tentang yoga akan saya lakukan," ucapnya.

Ia pun menceritakan saat dirinya bertugas di Ukraina pernah menggelar yoga massal bersama ribuan orang.

"Di Ukraina, saat menjadi Duta Besar sekitar tiga tahun lalu. Kami telah melakukan yoga pada Hari Yoga Internasional dengan 4.000 orang di jalan utama kota," tuturnya.

"Anda bisa lihat Hari Yoga Internasional di Kiev di YouTube pada tahun 2017 atau 2018, melihat saya melakukan semua pose yoga di jalanan," papar Dubes Manoj.

Mengutip situs resmi Kedutaan India di Jakarta indianembassyjakarta, agenda perayaan Yoga International Day tahun ini juga termasuk rangkaian kuis di laman tersebut. Pemenang diumumkan pada sesi gelaran tanggal 20 Juni.