Sukses

Kota di Kanada Ini Memiliki Kinerja Mengatasi COVID-19 Terbaik, Tapi Ada Sisi Buruknya

Liputan6.com, Vancouver - Richmond, salah satu kota dengan etnis Tionghoa terbanyak di Kanada, telah mengesankan sejak awal pandemi dengan tingkat infeksi COVID-19 yang rendah, menjadikannya area kesehatan lokal dengan kinerja terbaik di wilayah Metro Vancouver.

Namun, melansir SCMP, Selasa (15/6/2021) data sekarang menunjukkan bahwa kota itu juga memiliki gelar lain yang kurang terpuji sebagai daerah yang paling sedikit divaksinasi di kawasan itu.

Dr Kenneth Fung, seorang profesor klinis di fakultas kependudukan dan kesehatan masyarakat Universitas British Columbia percaya bahwa keduanya bukanlah suatu kebetulan.

Sementara Fung mengaitkan pengamatan "sangat rajin" terhadap sebagian besar rekomendasi kesehatan masyarakat di antara komunitas China untuk tingkat kasus Richmond yang rendah, ia juga mengatakan keraguan vaksin COVID-19 adalah fenomena di komunitas yang sama.

"Ini menggemakan tingkat vaksinasi yang rendah di Hong Kong," kata Fung.

Richmond memiliki populasi imigran Hong Kong dan keturunan mereka terpadat di kawasan ini, 23.000 imigran Hong Kong di Richmond membentuk sekitar 12 persen dari populasi sekitar 200.000.

"Keraguan vaksin tinggi di antara komunitas etnis Tionghoa ini mungkin karena banyaknya insiden negatif yang dilaporkan setiap hari di surat kabar Hong Kong yang memiliki pembaca luas di Richmond," kata Fung yang lahir di Hong Kong.

"Banyak yang mengambil sikap menunggu dan melihat dalam mendekati keputusan untuk vaksinasi."

Penyebaran tingkat vaksinasi tembakan pertama di antara area kesehatan di Metro Vancouver tidak besar, mulai dari yang terendah 69 persen di Richmond hingga tertinggi 79 persen di Delta, pada 7 Juni, untuk orang berusia 12 tahun ke atas.

Tetapi penampilan Richmond yang relatif buruk menonjol jika dibandingkan dengan tingkat kasus COVID-19 kumulatif yang sangat rendah sejak awal pandemi, yang mencapai 2.025 per 100.000 populasi pada akhir Mei.

2 dari 3 halaman

Tingkat Vaksinasi Richmond Telah Meningkat Tajam

Vancouver Coastal Health (VCH), otoritas yang mengawasi Richmond, mengatakan telah melakukan penjangkauan berbahasa Mandarin dalam bahasa Mandarin dan Kanton, termasuk kampanye radio dan media cetak, dan sesi informasi vaksin yang dilakukan bersama dengan Success - sebuah agen layanan sosial untuk imigran. 

"Kami memahami bahwa beberapa penduduk mungkin memiliki pertanyaan tentang vaksin tetapi kami didorong oleh peningkatan penyerapan di Richmond, terutama selama tiga hingga empat minggu terakhir," kata juru bicara VCH.

VCH mengatakan, tingkat vaksinasi Richmond telah meningkat tajam sejak 27 Mei, ketika mencapai 53,6 persen.

Fung, sementara itu, menyarankan bahwa ada "permintaan terpendam" untuk perjalanan internasional di antara penduduk Richmond.

"Mungkin penawaran paspor vaksin adalah solusi untuk mendorong vaksinasi [COVID-19]," katanya.

Richmond adalah kota dengan penduduk Chinese di dunia di luar Asia, dengan 53 persen penduduknya adalah etnis Tionghoa.

Fung mengatakan "faktor yang mendasari" dapat membantu menjelaskan kinerja keseluruhan Richmond yang baik selama pandemi, termasuk ekonomi.

Dia juga menyarankan bahwa prevalensi vaksin anti-tuberkulosis Bacillus Calmette – Guérin (BCG) yang sudah ada sebelumnya di kalangan imigran juga bisa menjadi faktor – bahwa vaksin telah dikaitkan oleh beberapa penelitian untuk menurunkan risiko infeksi COVID-19, dan penggunaannya adalah hampir 100 persen di daratan China dan Hong Kong.

Meskipun sejauh mana hubungan antara etnis dan pengambilan vaksinasi COVID-19 tidak pasti, ada perbedaan yang jelas di dalam Richmond pada tingkat lingkungan yang dekat dengan garis etnis. 

Misalnya, lingkungan Steveston berisi beberapa traktat sensus China paling sedikit di Richmond (perincian geografis terkecil untuk data sensus Kanada). Tingkat vaksinasi di Steveston mencapai 78 persen.

Ini berbatasan dengan lingkungan Blundell, salah satu daerah paling China di Kanada, dengan saluran sensus yang berkisar hingga 86 persen orang Cina. Tingkat vaksinasi di Blundell mencapai 69 persen.

3 dari 3 halaman

Kelonggaran Vaksinasi di Metro Vancouver

Jenis variasi yang sama, di mana etnis Tionghoa menunjukkan korelasi negatif yang longgar dengan tingkat vaksinasi, dapat dilihat di Metro Vancouver. Misalnya, lingkungan Oakridge atau Marpole memiliki tingkat vaksinasi 70 persen.

Kota itu bertetangga dengan South Cambie dan Riley Park, di mana etnis Tionghoa turun hingga 8 atau 9 persen di beberapa wilayah, dan yang memiliki tingkat vaksinasi 81 persen, termasuk yang tertinggi di kota.

Tetapi banyak faktor lain yang berperan dalam hal keraguan terhadap vaksin. Daerah utara BC yang terpencil memiliki tingkat vaksinasi terendah di provinsi ini; hanya 46 persen orang berusia 12 tahun ke atas yang divaksinasi di Peace River North.

Terlepas dari variasi seperti itu, British Columbia berada di jalur yang tepat untuk memenuhi target vaksinasi secara keseluruhan.

Pada 10 Juni, 74,9 persen orang dewasa di SM dan 72,8 persen orang di atas usia 12 tahun telah menerima suntikan pertama mereka.

Ada total 145.996 kasus Covid-19 di SM (penduduk 4,7 juta) dengan tingkat kasus 3.141 per 100.000 orang. Tercatat 1.729 kematian akibat Covid-19.

Sebagai perbandingan, Hong Kong (populasi 7,4 juta) memiliki tingkat vaksinasi dosis pertama sekitar 24 persen untuk semua orang, dan tingkat kasus 158 per 100.000 orang. Tercatat ada 210 kematian akibat Covid-19.

 

Reporter: Lianna Leticia