Sukses

Niat Jenguk Orangtua di India, Pria Ini Malah Terjebak Tak Bisa Pulang ke Arizona

Seorang pria Arizona terjebak di India hingga akhir Mei 2021 setelah pergi menjenguk orang tuanya yang positif COVID-19 di India.

Liputan6.com, New Delhi - Akhir April lalu, kedua orang tua Pallav Jha terjangkit COVID-19 di India. Ketika ibunya menelepon untuk menyampaikan berita tentang kesehatan ayahnya yang menurun, Jha tahu dia harus bersama mereka, yang berarti meninggalkan istrinya yang sedang hamil dan putranya yang berusia 4 tahun di Arizona.

"Saya menjadi seperti sekarang ini hanya karena mereka," kata Jha. 

"Saya senang bisa datang ke sini (India) untuk melihat ayah saya menghembuskan napas terakhirnya, tetapi ini adalah situasi yang sangat emosional," katanya.

Jha tiba di Udaipur, Rajasthan, dua hari setelah ayahnya yang berusia 59 tahun dirawat di rumah sakit pada 24 April, sedangkan ibunya yang berusia 58 tahun menerima perawatan di rumah dan pulih. Namun sayangnya, ayahnya kalah dalam pertempuran dengan COVID-19 pada 4 Mei.

Melansir CNN, India saat ini mengalami gelombang kedua virus corona, dan jumlah total kematian telah melampaui angka 350.000. India memiliki 33,3 juta kasus COVID-19, jumlah tertinggi kedua setelah Amerika Serikat dan di depan Brasil, yang memiliki jumlah tertinggi ketiga dengan 16,9 juta kasus.

Istri Jha, Shilpa, dan putra mereka tidak bepergian bersamanya untuk menghindari komplikasi kehamilan.

"Di sini saya hamil 8 bulan dan pada kehamilan berisiko tinggi dengan diabetes gestasional dan akan melahirkan bulan depan," kata Shilpa.

“Saya juga memiliki seorang anak laki-laki berusia 4 tahun untuk diurus. Pada tahap ini, saya membutuhkan suami saya sekarang. Saya telah mengatur semuanya tanpa dia sejak lebih dari sebulan tetapi sekarang tidak mungkin bagi saya untuk mengelola sendiri. "

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Terbelah Antara Dua Negara

Setelah melakukan ritual terakhir untuk ayahnya, Jha mengatakan bahwa kenyataan menyadarkannya -- bagaimana dia bisa kembali ke Gilbert, Arizona.

Sebelum Jha dapat kembali ke rumah, dia perlu memeriksa paspornya dan dicap di Konsulat AS di India. Dia adalah pemegang visa kerja H-1B yang bekerja untuk PayPal sebagai pemimpin proyek senior.

Karena pengetatan pembatasan COVID-19 yang memaksa penutupan kedutaan dan konsulat AS di India, Jha diberi janji pada bulan September - hampir tiga bulan lagi. Dia mencoba mengajukan permintaan darurat tetapi Kedutaan Besar AS di India menolaknya tanpa alasan yang jelas, meskipun memberikan catatan medis Shilpa dan dokumentasi pekerjaannya, katanya.

Dalam email ke Jha, Kedutaan Besar dan Konsulat AS di Delhi mengatakan, "permintaan izin Anda untuk menjadwalkan janji temu darurat telah ditinjau. Kami menyesal memberi tahu Anda bahwa permintaan Anda telah ditolak."

"Saya tahu saya harus memperbarui visa saya tetapi ketika saya terbang dari sana (AS) semuanya berjalan seperti biasa dengan kedutaan dan semuanya beroperasi," katanya. "Saya pikir itu mungkin memakan waktu beberapa minggu seperti biasanya, tetapi saya tidak berharap mereka akan memutuskan untuk menutup dan menangguhkan operasi."

 

3 dari 3 halaman

Bukan Satu-satunya yang Terjebak di India

Dan Jha bukan satu-satunya yang terjebak atau terjebak di India karena pengetatan pembatasan perjalanan.

Ashu Mahajan, dari New Jersey, diberitahu bahwa dia tidak akan bisa mendapatkan janji temu visa sampai Februari 2022 setelah melakukan perjalanan ke India untuk berada di sisi ayahnya yang sekarat. Namun dengan bantuan Senator New Jersey Bob Menendez, Mahajan dipertemukan kembali dengan keluarganya pada akhir Mei.

Shilpa mengatakan bahwa karena komplikasi kehamilannya, dia berisiko melahirkan prematur dalam 2-3 minggu ke depan, tetapi dia tidak bisa membayangkan akan melahirkan tanpa suaminya di sisinya. PayPal mengatakan mereka mendukung Jha selama proses berlangsung.

"Boss saya telah mendukung saya dalam hal mendapatkan cuti dan mengirimkan semua dokumen visa yang diperlukan dari sana, jadi saya memiliki semua dokumen itu di tangan saya," katanya.

Putus asa mencari solusi, Jhas menghubungi Senator Arizona Kyrsten Sinema dan Senator Mark Kelly.

Seorang juru bicara Sinema mengatakan, "Kantor kami berkomunikasi dengan kedutaan atas nama keluarga Jha dan bekerja untuk menemukan solusi cepat."

Tim Senator Kelly juga mengatakan bahwa mereka berhubungan dengan keluarga tersebut.

Reporter: Lianna Leticia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.