Sukses

Kim Jong-un Terlihat Lebih Kurus, Kondisi Kesehatannya Kembali Dipertanyakan

Kemunculan Kim Jong-un telah memicu spekulasi baru tentang kesehatan Pemimpin Tertinggi Korea Utara dalam setahun terakhir.

Liputan6.com, Pyongyang - Kim Jong-un tampak jauh lebih kurus saat muncul dalam video propaganda Korea Utara terbaru. Pemimpin yang dikenal kejam ini tampil secara khusus memberikan indikasi penurunan berat badannya.

Kemunculan Kim Jong-un telah memicu spekulasi baru tentang kesehatan Pemimpin Tertinggi Korea Utara dalam setahun terakhir.

Setelah dia diperkirakan mengalami masalah kesehatan besar dan tidak muncul dalam kegiatan publik, Kim memicu desas-desus palsu bahwa dia telah meninggal, demikian dikutip dari laman Daily Mail, Kamis (10/6/2021).

Sementara ketidakhadiran itu tidak pernah dijelaskan secara resmi, secara luas diperkirakan bahwa Kim Jong-un menderita semacam masalah kesehatan.

Partainya juga telah direstrukturisasi untuk memberikan peran yang jelas kepada saudara perempuannya, Kim Yo-jong, di tengah spekulasi bahwa dia sedang dipersiapkan sebagai calon pengganti.

Propaganda negara juga telah direstrukturisasi untuk memberikan keunggulan lebih kepada Komite Sentral Partai yang kuat untuk Kim.

Para ahli sekarang percaya bahwa pinggang Kim Jong-un yang menyusut bisa menjadi tanda bahwa kesehatannya pulih, dan pertanda kembalinya dia ke peran yang lebih menonjol sebagai kepala rezim represif yang brutal di negara itu.

Sementara berat badan Kim Jong-un telah lama menjadi bahan ejekan, pengamat telah menunjukkan bahwa itu mungkin juga merupakan ancaman tunggal terbesar dinasti keluarganya.

Pengamat percaya Kim Jong-un, di pertengahan umur 30-an, memiliki bobot yang sangat berat pada November tahun lalu, ditambah lagi dia juga perokok berat.

Saat itulah COVID-19 diyakini beredar di negara itu, dengan obesitas dan masalah paru-paru, keduanya secara signifikan meningkatkan risiko kematian akibat infeksi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Suksesi Kepemimpinan Korea Utara Selanjutnya

Kim diperkirakan memiliki tiga anak tetapi tidak ada yang cukup umur untuk mengambil alih kepemimpinan negara jika dia meninggal.

Suksesi garis keturunan Paektu yang ketat di Korea Utara berpotensi menempatkan saudara perempuan Kim Yo-jong di urutan berikutnya untuk mewarisi kepemimpinan.

Tetapi masih jauh dari jelas apakah dia akan mampu mendapatkan rasa hormat dari para pemimpin militer negara itu.

Itu bisa memicu perebutan kekuasaan berdarah dan mengancam dinasti Kim yang telah memerintah Korea Utara sejak ayah negara Kim Il-sung berkuasa pada tahun 1948.

Kim sudah terlihat kelebihan berat badan ketika dia berkuasa pada tahun 2011, setelah kematian ayahnya Kim Jong-il.

Bobotnya terus membengkak saat dia mengencangkan cengkeramannya di negara itu, melakukan gelombang pembunuhan, termasuk pembunuhan saudara tirinya sendiri - Kim Jong-nam - yang diracuni di bandara utama Malaysia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.