Sukses

Isu Alien-UFO Mulai Jadi Perhatian Serius Pemerintah AS hingga Barack Obama

Liputan6.com, D.C - Nick Pope menghabiskan awal 1990-an menyelidiki UFO untuk kementerian pertahanan Inggris. Dia diasingkan di kantor pemerintah yang jarang dikunjungi, "sebuah ruang bawah tanah metafora," ujarnya mengingat bagaimana bidang pekerjaannya dianggap pada masa itu.

"Saya akan berjalan menyusuri koridor dan sejawat akan bersiul musik tema untuk Close Encounters of the Third Kind, Twilight Zone ... X-Files," kata Pope kepada Guardian --merujuk tiga serial sci-fi televisi populer era-80-90-an yang mengangkat tema alien dan UFO.

Dalam hampir dua dekade sejak itu, sikap terhadap topik UFO perlahan-lahan telah berubah, terutama di Amerika di mana isu tersebut telah berubah dari "topik marginal ke arus utama", dengan bahkan mantan presiden Barack Obama berpendapat tentang potensi keberadaan mereka, demikian seperti dikutip dari The Guardian, Minggu (30/5/2021).

Berganti nama oleh pemerintah dan penggemar sebagai "UAP" atau Unidentified Aerial Phenomenon, atau fenomena udara tak dikenal, 2021 telah melihat diskusi serius pertama dari hal-hal terbang yang tidak diketahui.

Pada bulan Juni, Kementerian Pertahanan AS (Pentagon) diatur untuk merilis laporan yang sangat ditunggu-tunggu tentang apa yang diketahuinya tentang UAP, dan kegembiraan tentang pengungkapan itu telah dipicu oleh banyaknya saksi yang maju untuk berbagi pengalaman mereka dengan acara berita '60 Minutes' pada bulan Mei.

Obama adalah di antara banyak tokoh publik yang turut beropini tentang UAP dan laporan Pentagon bulan ini.

"Ada rekaman dan catatan objek di langit, bahwa kita tidak tahu persis apa itu, kita tidak bisa menjelaskan bagaimana mereka bergerak, lintasan mereka," kata Obama dalam sebuah wawancara dengan CBS. "Mereka tidak memiliki pola yang mudah dijelaskan. Jadi, Anda tahu saya berpikir bahwa orang-orang masih serius mencoba menyelidiki dan mencari tahu apa itu."

Sementara itu, Senator Republik AS Marco Rubio kepada 60 Minutes mengatakan, "Saya ingin kita menganggapnya serius dan memiliki proses untuk menganggapnya serius."

 

2 dari 3 halaman

Serius Membahas UFO?

Jadi apa yang telah berubah di Amerika?

"Dalam tiga tahun terakhir, topik ini telah meningkat dari yang bermula sebagai gosip/isapan jempol menjadi fenomena misterius namun memiliki bukti nyata," kata Pope, yang sekarang berbasis di Arizona.

"Bukan hanya kesaksian dari pilot militer yang telah terlibat dalam pertemuan dengan hal-hal ini, tetapi data radar dan video kamera infra-merah yang dilihat semua orang."

Dalam beberapa tahun terakhir serangkaian video pemerintah yang menunjukkan UAP, telah dirilis, termasuk rekaman dari jet tempur F-18 angkatan laut yang menunjukkan objek lonjong terbang melalui langit dekat San Diego pada tahun 2004.

Foto dan video April 2021 yang diambil oleh personel angkatan laut ini bocor secara online, menunjukkan benda-benda berbentuk segitiga berdengung di langit, dan pada Mei 2021 rekaman militer yang bocor menunjukkan objek terbang oval di dekat kapal angkatan laut di San Diego - hotspot UAP yang jelas.

Anggota angkatan laut sering melihat UAP sehingga pertemuan itu menjadi hal biasa, Ryan Graves, seorang pensiunan pilot angkatan laut, mengatakan kepada 60 Minutes.

"Setiap hari," kata Graves. "Setiap hari setidaknya selama beberapa tahun."

Bagi Ted Roe, yang mengelola Pusat Pelaporan Penerbangan Nasional tentang Fenomena Anomali, sebuah nirlaba di mana pilot atau orang lain dapat melaporkan pengalaman mereka dengan UAP, ini hanyalah konfirmasi tentang apa yang sudah dia ketahui.

"Itu sama sekali tidak mengejutkan saya," kata Roe. "Di suatu tempat di dunia setiap hari ini terjadi - itu bermanifestasi terus, setiap hari. Dan dari percakapan pribadi saya dengan anggota dan eks militer, saya merasa bahwa laporan yang saya dapatkan - sejauh laporan pilot - jelas merupakan puncak gunung es."

 

3 dari 3 halaman

Topik yang Masih Menjadi Stigma

Tetapi untuk semua pelonggaran tabu yang jelas di sekitar UAP, Roe mengatakan masih ada stigma.

"Tidak ada yang bersedia mempertaruhkan karier atau reputasi mereka tentang hal ini, bahkan sekarang," kata Roe.

"Pilot tidak akan menghubungi kami sampai mereka pensiun. Saya akan mengatakan itu hampir 50-50, kasus yang saya dapatkan, yang lebih baru, versus yang terjadi bertahun-tahun yang lalu dan mereka tidak ingin berbicara tentang karena mereka akan kehilangan status penerbangan mereka, dan karena mereka khawatir tentang karier mereka."

Pemerintah – semua pemerintah – sebelumnya enggan bahkan tidak mengakui bahwa mereka memantau UAV.

Pada tahun 2007 departemen pertahanan AS meluncurkan "program identifikasi ancaman kedirgantaraan lanjutan" untuk menyelidiki UFO. Upaya itu sangat rahasia sehingga publik baru mengetahuinya 10 tahun kemudian, setelah penyelidikan New York Times.

Namun, seperti rekaman yang bocor atau dipublikasikan secara resmi, tuntutan untuk transparansi dari publik dan politisi telah berkembang, mendorong CIA untuk merilis ribuan dokumen tentang UAP pada Januari 2021.

Rubio, wakil ketua komite intelijen Senat, telah menjadi suara yang sangat keras, dan ia adalah bagian dari sekelompok pejabat terpilih yang berhasil menyodorkan Undang-Undang Otorisasi Intelijen untuk tahun fiskal 2021 ke dalam RUU pengeluaran bantuan coronavirus $ 2.3tn yang ditandatangani menjadi undang-undang oleh Donald Trump pada bulan Desember.

Tindakan itu memerintahkan lembaga pemerintah untuk memberikan "analisis terperinci tentang data dan intelijen fenomena udara tak dikenal", dan "deskripsi terperinci tentang proses interagensi" untuk melaporkan UFO. Laporan harus diserahkan pada 25 Juni.

"Pria dan wanita yang telah kami percayakan dengan pertahanan negara kami melaporkan pertemuan dengan pesawat tak dikenal dengan kemampuan unggul," kata Rubio kepada Tampa Bay Times pada pertengahan Mei.

"Kami tidak dapat membiarkan stigma UFO untuk menjaga kami dari serius menyelidiki hal ini. Laporan yang akan datang adalah salah satu langkah dalam proses itu, tetapi itu tidak akan menjadi yang terakhir."

Gejolak video baru-baru ini dan rilis laporan yang akan segera terjadi telah memicu kegembiraan di sekitar hal-hal terbang tak dikenal yang tidak terlihat selama bertahun-tahun. Pope memperingatkan, bagaimanapun, bahwa setelah bertahun-tahun dimarginalkan dari badan-badan intelijen, orang-orang seharusnya tidak mengharapkan pemerintah untuk melepaskan semua yang diketahuinya tentang benda-benda misterius ini di langit.

"Laporan itu harus tidak diklasifikasikan, tetapi itu bisa memiliki lampiran rahasia, jadi ada kemungkinan kuat bahwa fakta-fakta yang menghancurkan bumi akan berada dalam lampiran yang diklasifikasikan, daripada laporan yang tidak diklasifikasikan," kata Pope.

Dia menambahkan: "Jadi orang-orang harus bersemangat, tetapi tidak terlalu bersemangat. Mereka harus pragmatis, dan sedikit harapan mungkin berguna."