Sukses

Badai Siklon Yaas Hantam India dan Bangladesh

Badai siklon Yaas telah menghantam India dan Bangladesh.

Liputan6.com, Jakarta - Badai topan yang kuat telah melanda India timur, dengan laporan menunjukkan bahwa badai tersebut telah menewaskan beberapa orang.

Siklon Yaas, yang meningkat menjadi "badai siklon yang sangat parah", melanda negara bagian Benggala Barat dan Orissa - juga dikenal sebagai Odisha - pada Rabu (26/5), serta menghantam Bangladesh selatan. Ini adalah topan kedua yang melanda negara itu dalam seminggu, setelah Topan Tauktae menewaskan lebih dari 150 orang. Demikian seperti mengutip BBC, Kamis (27/5/2021).

Bencana alam ini terjadi ketika India sudah berjuang untuk menangani wabah COVID-19-nya.

Badai siklon Yaas menghantam daerah pesisir dengan angin dan hujan yang ganas saat mendarat di India, merusak rumah dan membawa gelombang yang membanjiri kota. Lebih dari satu juta orang dievakuasi di negara itu saat badai mendekat.

Dalam pembaruan terbarunya, Departemen Meteorologi India melaporkan lewat Twitter bahwa topan tersebut memiliki kecepatan angin 70-80 km / jam (43-50mph) dan dengan kecepatan hingga 90 km / jam. 

Dikatakan badai "kemungkinan akan bergerak lebih jauh ke barat laut dan melemah secara bertahap" dalam tiga jam ke depan.  

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Banyak Korban Tewas

Kepala Menteri Benggala Barat Mamata Banerjee mengatakan sekitar 20.000 rumah rusak di negara bagian itu, dengan kota Digha "dibanjiri" oleh gelombang setinggi empat meter (13 kaki). 

Satu orang tewas di sana setelah diseret ke laut sementara yang lain tewas setelah rumah mereka runtuh, katanya.

Di Orissa, ada laporan bahwa dua orang tewas akibat pohon tumbang. Seorang petugas bantuan mengatakan mereka sedang menyelidiki insiden tersebut.

Hampir 1.200 tempat penampungan penyelamatan telah dipantau sesuai dengan nprotokol kesehatan COVID-19, dan tim kesehatan telah dikerahkan di sana - tetapi ada kekhawatiran bahwa akan sulit untuk mempertahankan protokol jarak sosial karena lebih dari satu juta orang dievakuasi ke tempat penampungan, menurut kepada kantor berita ANI.

Gelombang pasang juga membanjiri daerah pesisir Bangladesh, membuat ribuan orang terdampar.

Menurut seorang pejabat di sana yang dikutip oleh kantor berita Associated Press, lebih dari 20 desa di distrik Patuakhali selatan terendam setelah air menyapu dua tanggul sungai, dan setidaknya 15.000 orang telah pergi ke tempat penampungan siklon.

Para pejabat mengatakan kepada kantor berita AFP bahwa satu orang tewas di Bangladesh akibat pohon tumbang.

Negara bagian Andhra Pradesh, Jharkhand dan Tamil Nadu di India di pantai timur juga kemungkinan besar akan terpengaruh, dengan lebih dari 50 tim penyelamat dikirim ke mereka.

Bandara di Bhubaneswar di Orissa, dan Kolkata di Benggala Barat telah menangguhkan semua operasi hingga Rabu malam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.