Sukses

Selain Bang Sapri, 5 Komedian Ini Juga Meninggal Usai Melawan Penyakit

Liputan6.com, Jakarta - Kabar duka kembali menghampiri dunia hiburan. Setelah sempat menjalani perawatan di ruang ICU Rumah Sakit Sari Asih Ciledug, Tangerang karena penyakit diabetes, Komedian Sapri Pantun meninggal dunia.

Kabar meninggalnya Sapri Pantun dikonfirmasi oleh adik kandungnya, Dolly, melalui instagram, pada Senin (10/5/2021).

Karier di dunia hiburan memang menjanjikan banyak hal. Popularitas, ketenaran, dan uang hanya sedikit di antaranya. Puncak popularitas menjadi momen emas setiap orang yang berkarir di industri hiburan.

Namun, tak sedikit komedian meninggal di puncak popularitas mereka akibat kanker atau penyakit lainnya.

Melansir The Warp, inilah deretan komedian luar negeri yang juga meninggal setelah berjuang melawan penyakit di tubuh mereka.

 

2 dari 7 halaman

Gilda Radner

Gilda Susan Radner adalah seorang aktris dan komedian Amerika, yang merupakan salah satu dari tujuh anggota pemeran asli untuk acara komedi sketsa NBC Saturday Night Live (SNL). Dalam rutinitasnya, Radner mengkhususkan diri pada parodi stereotip televisi, seperti spesialis nasihat dan pembawa berita. 

Pada tahun 1978, dia memenangkan Penghargaan Emmy untuk penampilannya di acara itu. Dia juga memerankan karakter-karakter tersebut dalam pertunjukan satu wanita yang sangat sukses di Broadway pada tahun 1979. Karya SNL Radner menjadikannya sebagai tokoh ikonik dalam sejarah komedi Amerika.

Dia meninggal karena kanker ovarium pada tahun 1989. Otobiografinya secara jujur ​​membahas kehidupan, pekerjaan, dan perjuangan pribadinya, termasuk mereka yang menderita penyakit tersebut. 

Ibunya, Gene Wilder, mewujudkan keinginan pribadi Radner agar informasi tentang penyakitnya dapat membantu korban kanker lainnya, mendirikan dan menginspirasi organisasi yang menekankan pada diagnosis dini, faktor keturunan, dan dukungan bagi korban kanker. 

Dia secara anumerta dianugerahi Penghargaan Grammy pada tahun 1990. Radner dilantik ke dalam Hall of Fame Wanita Michigan pada tahun 1992; dan dia secara anumerta menerima bintang di Hollywood Walk of Fame pada tahun 2003.

3 dari 7 halaman

Andy Kaufman

Andrew Geoffrey Kaufman adalah seorang pelawak Amerika dan pegulat. Meskipun sering disebut sebagai pelawak, Kaufman lebih suka menggambarkan dirinya sebagai "pria penyanyi dan penari".

Dia terkadang disebut sebagai "anti-komedian" karena meremehkan menceritakan lelucon dan terlibat dalam komedi seperti yang dipahami secara tradisional.

Ia juga pernah mengatakan dalam wawancara introspektif yang jarang terjadi, "Saya bukan seorang komik, saya tidak pernah menceritakan lelucon. Komedian itu berjanji bahwa dia akan pergi ke sana dan membuatmu tertawa bersamanya. Satu-satunya janjiku adalah aku akan berusaha menghiburmu sebaik mungkin. "

Kaufman meninggal karena kanker paru-paru pada 16 Mei 1984, pada usia 35 tahun. Karena lelucon dan tipu muslihat yang rumit adalah elemen utama karirnya, rumor terus-menerus beredar bahwa Kaufman memalsukan kematiannya sendiri sebagai tipuan besar.

Hingga saat ini ia terus dihormati karena keragaman karakternya, pendekatan uniknya yang berlawanan dengan intuisi terhadap komedi, dan kesediaannya untuk memancing reaksi negatif dan membingungkan dari penonton.

4 dari 7 halaman

John Candy

John Franklin Candy, aktor dan komedian Kanada yang dikenal terutama karena karyanya dalam film Hollywood.

Candy menjadi terkenal sebagai anggota serial Second City dan Second City Television (SCTV) cabang Toronto, dan melalui penampilannya dalam film komedi, termasuk Stripes, National Lampoon's Vacation, Splash, Cool Runnings, Summer Rental, The Great Space, Space Ball, dan Uncle Buck, serta peran yang lebih dramatis di Only the Lonely dan JFK.

Salah satu penampilan layarnya yang paling terkenal adalah sebagai Del Griffith, penjual cincin tirai kamar mandi yang banyak bicara dalam film komedi John Hughes, Planes, Trains and Automobiles.

Selain pekerjaannya sebagai aktor, Candy adalah salah satu pemilik Toronto Argonauts dari Canadian Football League dari tahun 1991 sampai kematiannya, dan tim tersebut memenangkan Piala Grey 1991 di bawah kepemilikannya.

Candy meninggal karena serangan jantung pada tahun 1994 pada usia 43 tahun. Dua film terakhirnya, Wagons East dan Canadian Bacon , didedikasikan untuk mengenangnya.

5 dari 7 halaman

Madeline Kahn

Madeline Gail Kahn merupakan seorang aktris, komedian dan penyanyi Amerika, yang dikenal karena peran komedi dalam film yang disutradarai oleh Peter Bogdanovich dan Mel Brooks, termasuk What's Up, Doc? (1972), Young Frankenstein (1974), High Anxiety (1977), World History I(1981), dan perannya di Paper Moon (1973)yang dinominasikan di Academy Award dan Blazing Saddles (1974).

Kahn mengembangkan kanker ovarium pada tahun 1998. Dia menjalani pengobatan, terus bekerja pada Cosby , dan menikah dengan John Hansbury pada Oktober 1999. Namun, penyakit ini menyebar dengan cepat, dan dia meninggal pada 3 Desember 1999, pada usia 57.

 

6 dari 7 halaman

John Ritter

Jonathan Southworth Ritter, seorang aktor dan komedian Amerika yang dikenal karena memerankan Jack Tripper di sitkom ABC Three's Company (1977–1984), di mana ia menerima Primetime Emmy Award dan Golden Globe Award pada tahun 1984.

Ia secara singkat mengulang peran di spin-off Three's a Crowd, yang ditayangkan selama satu musim, menghasilkan 22 episode sebelum dibatalkan pada tahun 1985.

Pada 11 September 2003, Ritter jatuh sakit saat berlatih untuk 8 Simple Rules for Dating My Teenage Daughter di Walt Disney Land Studio di Burbank, California. Dia berkeringat banyak, muntah dan mengeluh sakit di bagian dada. Dia dibawa ke Providence Saint Joseph Medical Center di seberang jalan pada pukul 6 sore.

Ritter awalnya dirawat oleh dokter ruang gawat darurat karena serangan jantung; Namun, kondisinya memburuk dengan cepat.

Dokter kemudian mengidentifikasi bahwa Ritter mengalami diseksi aort, dan dia menjalani operasi untuk memperbaiki diseksi tersebut, tetapi dinyatakan meninggal pada pukul 22:48, enam hari sebelum ulang tahunnya yang ke-55.

 

Reporter: Lianna Leticia

7 dari 7 halaman

Saksikan Video Berikut Ini: