Sukses

Kasus COVID-19 Menurun, Washington D.C Rencana Buka Seluruh Aktivitas Kota

Liputan6.com, Washington D.C - Washington D.C tengah mempersiapkan kebangkitan dari karantina yang diterapkan selama pandemi COVID-19.

Dengan menurunnya jumlah kasus COVID-19, para pejabat di ibu kota negara telah mengumumkan jadwal pembukaan kembali yang akan membuat semua batas kapasitas dalam ruangan dihilangkan pada awal Juni, tetapi dengan persyaratan masker masih berlaku.

Menurut laporan Channel News Asia, Selasa (11/5/2021), Walikota Muriel Bowser meluncurkan rencana dua tahap pada Senin (10/5), dengan pembatasan kapasitas pada sebagian besar aktivitas dalam ruangan dicabut pada 21 Mei, dengan pengecualian bar, klub malam, dan tempat hiburan. Aturan untuk kategori terakhir tersebut akan dihapus pada 11 Juni.

“Kami dengan cepat dan antusias mendekati tingkat pengendalian virus di yurisdiksi kami," kata Direktur Departemen Kesehatan Dr LaQuandra Nesbitt. “Namun dalam minggu-minggu berikutnya, kami terus harus tetap waspada.”

Grafik kasus virus corona menunjukkan tingkat kasus harian turun ke tingkat yang tidak terlihat sejak musim panas lalu. Nesbitt mengatakan pelacakan kontrak untuk kasus virus baru "akan tetap beroperasi 24/7".

2 dari 3 halaman

Cabut Aturan Pembatasan

Per 10 Mei, Bowser mengatakan lebih dari 200.000 penduduk Washington D.C telah divaksinasi penuh. Dia juga mengumumkan bahwa rumah sakit lapangan overflow yang mengambil alih pusat konvensi Washington tahun lalu akan dibongkar.

“Saya bersyukur kami tidak pernah menggunakannya,” kata Bowser.

Pemerintah D.C akan mengembalikan karyawan yang bekerja dari rumah ke kantor mereka secara bertahap. Bowser mengatakan bahwa pada 12 Juli, semua pegawai pemerintah D.C akan bekerja setidaknya paruh waktu dari kantor.

Pergeseran pada 21 Mei mendatang akan mencabut semua pembatasan kapasitas di restoran, gym, sekolah, kantor, dan rumah ibadah. 

Bowser umumnya melangkah secara lebih hati-hati dalam melonggarkan pembatasan daripada wilayah tetangganya di Virginia dan Maryland. Dalam banyak kasus, kabupaten sekitarnya di Maryland selatan dan Virginia utara yang terdiri dari wilayah ibu kota memilih untuk tetap lebih dekat dengan garis konservatif Bowser.

Bowser pada hari Senin mengatakan dia telah "bekerja, menurut saya, sangat kooperatif selama 15 bulan terakhir" dengan Gubernur Demokrat Virginia Ralph Northam dan Gubernur Maryland dari Partai Republik Larry Hogan. 

“Negara bagian Maryland dan Virginia lebih besar dari kawasan ini, tentu saja, jadi mereka perlu melakukan beberapa hal berbeda yang memengaruhi seluruh negara bagian mereka, tempat kami sangat fokus pada kawasan ibu kota.”

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Menarik Berikut Ini: