Sukses

Kematian Akibat COVID-19 di Brasil Tembus 400 Ribu, Diduga Karena Lambatnya Vaksinasi

Penanganan COVID-19 yang lambat oleh pemerintah Brasil diduga mengakibatkan kematian yang telah menembus 400 ribu.

Liputan6.com, Brasilia - Jumlah kematian akibat COVID-19 telah melampaui angka 400.000 di Brasil, tertinggi kedua di dunia.

Hal ini bersamaan ketika negara itu terus berjuang dengan program vaksinasi.

Dilaporkan, 3.001 kematian terjadi dalam 24 jam, setelah lebih dari 4.000 dicapai pada awal April.

Mengutip BBC, Jumat (30/4/2021), rata-rata kematian dan kasus akibat COVID-19 di Brasil selama 14 hari tetap tinggi tetapi telah mengalami sedikit penurunan.

Kongres telah membuka penyelidikan tentang penanganan pandemi oleh pemerintah. Presiden Jair Bolsonaro, yang sering berbicara menentang penguncian, masker dan obat-obatan yang tidak terbukti sebagai pengobatan, menghadapi kritik luas dan dukungannya menurun drastis.

Wabah telah dipicu oleh varian virus yang lebih mudah menular dan kurangnya tindakan nasional yang terkoordinasi. 

Situasi telah membaik di banyak bidang, termasuk di mana sistem kesehatan berada di ambang kehancuran, setelah negara bagian dan kota memberlakukan pembatasan, tetapi pembatasan tersebut sudah dilonggarkan.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Lambatnya Vaksinasi

Tingkat hunian tempat tidur di unit perawatan intensif berada pada atau di atas 90% di lebih dari sepertiga negara bagian, menurut lembaga kesehatan Fiocruz, yang mengatakan skenario tersebut tetap "kritis".

"Ada kecenderungan sedikit penurunan tetapi belum dapat menahan epidemi," kata lembaga itu dalam sebuah laporan (dalam bahasa Portugis), memperingatkan bahwa jumlah kematian harian kemungkinan besar akan tetap tinggi.

Brasil mencatat 100.000 kematian hanya dalam 37 hari, antara Maret dan April, yang merupakan bulan terburuk di negara itu. 

Hanya AS yang memiliki angka kematian lebih tinggi.

Sejak awal pandemi, Brasil memiliki lebih dari 14,5 juta kasus. Sementara itu, beberapa kota terpaksa menghentikan sementara program vaksinasi mereka di tengah kekurangan dosis. 

Sekitar 13% dari populasi 212 juta telah menerima setidaknya satu dosis.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.