Sukses

Fitur di Google Earth Menunjukkan Perubahan Bumi Selama 37 Tahun Terakhir

Apakah kita mengakuinya atau tidak, banyak dari kita telah mengunjungi Google Earth dan menggunakannya untuk memeriksa tempat-tempat dekat dan jauh dengan pandangan mata burung.

Liputan6.com, Jakarta - Apakah kita mengakuinya atau tidak, banyak dari kita telah mengunjungi Google Earth dan menggunakannya untuk memeriksa tempat-tempat dekat dan jauh dengan pandangan mata burung.

Apakah itu lingkungan kita sendiri, atau kota di sisi yang benar-benar berlawanan dari planet ini, sebagian besar dari kita setidaknya telah menghabiskan beberapa waktu mengambil pemandangan tempat-tempat ini dengan pandangan mata burung melalui layar komputer atau smartphone kita.

Sekarang, Google Earth telah meningkatkan pengalaman dengan memperkenalkan fitur baru yang manis yang akan memungkinkan pengguna kembali ke masa lalu dan melihat seperti apa seluruh dunia dulu, dan bagaimana ia telah berevolusi selama 37 tahun terakhir.

Fitur ini disebut Timelapse, dan berfungsi persis seperti yang Anda bayangkan.

Google mengatakan bahwa ia telah mengambil lebih dari 20 juta foto satelit yang dikumpulkan sejak 1984 dan menanamkannya ke Google Earth, yang sekarang memungkinkan pengguna untuk menonton ulangan langsung tentang bagaimana seluruh planet telah berubah sejak saat itu, demikian seperti dikutip dari Mashable, Sabtu (24/4/2021).

Google Earth menjelaskan bahwa mereka bekerja dengan Laboratorium CREATE Universitas Carnegie Mellon tentang teknologi yang sekarang memungkinkan Timelapse, dan kemudian berkolaborasi dengan mereka lagi untuk memberikan perubahan pada narasi yang berbeda di layar.

Proyek ini berakhir dengan lima tema mengenai perubahan yang terjadi di seluruh planet ini - perubahan hutan, pertumbuhan perkotaan, suhu pemanasan, sumber energi, dan keindahan dunia yang rapuh. Google Earth sekarang akan memungkinkan pengguna untuk melakukan tur khusus tema untuk membantu mereka lebih memahami apa yang terjadi dan bagaimana komunitas terpengaruh oleh mereka.

Simak video pilihan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cara Mengakses Timelapse

Untuk menggunakan fitur baru, cukup klik tautan ini (https://earthengine.google.com/timelapse/), atau pergi ke Google Earth dan akses Timelapse dari area Voyager (Anda bisa sampai di sana dengan mengklik ikon roda kemudi) dalam mode desktop atau seluler.

Setelah Anda berada di zona Timelapse, cukup gunakan bilah pencarian untuk mencari lokasi apa pun di planet ini yang ingin Anda periksa, atau biarkan Google memandu Anda melalui saran mereka untuk lokasi dan acara unggulan.

Setelah menemukan lokasi yang ingin dicermati, Anda dapat menggunakan alat navigasi di bagian bawah untuk memutar timelapse atau melompat ke tahun apa pun yang Anda inginkan.

Jika Anda tidak ingin repot-repot dengan mengubah kontrol Timelapse sendiri, Google juga telah mengupload lebih dari 800 video Timelapse pra-render yang dapat Anda lihat di YouTube, yang semuanya masuk dalam versi 2D atau 3D yang dapat Anda unduh.

Jika Anda ingin tahu tentang evolusi planet ini selama 37 tahun terakhir, atau jika Anda hanya mencari sesuatu untuk menghabiskan waktu, sila memeriksanya untuk beberapa visual yang benar-benar berwawasan luas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.