Sukses

23-3-2011: Ikon Hollywood Elizabeth Taylor Meninggal pada Usia 79 Tahun

Aktris hollywood Elizabeth Taylor tutup usia tahun 2011 pada usia 79 tahun.

Liputan6.com, Hollywood - Pada tanggal 23 Maret 2011, aktris Elizabeth Taylor, yang muncul di lebih dari 50 film, memenangkan dua Academy Awards dan identik dengan kemewahan Hollywood, meninggal karena komplikasi dari gagal jantung kongestif.

Dia meninggal di sebuah rumah sakit Los Angeles pada usia 79 tahun.

Mengutip dari History, Senin (22/3/2021), dia dikenal karena kecantikannya yang mencolok, menikah delapan kali dan kemudian menjadi aktivis HIV / AIDS terkemuka.

Elizabeth Rosemond Taylor lahir di London, Inggris, pada 27 Februari 1932, dari seorang seniman Amerika dan istrinya, mantan aktris.

Pada tahun 1939, keluarganya pindah ke California Selatan, dan pada tahun 1942 Taylor membuat debut filmnya di There’s One Born Every Minute.

Pada usia 12 tahun, ia menjadi bintang di Velvet Nasional, kemudian beralih ke peran dewasa seperti A Place in the Sun tahun 1951, yang mendapat ulasan baik.

Sebagai salah satu bintang terkemuka Hollywood pada 1950-an dan 1960-an, penghargaannya termasuk Giant 1956, bersama Rock Hudson dan James Dean; Raintree County tahun 1957, dengan Montgomery Clift dan Eva Marie Saint; 1958's Cat on a Hot Tin Roof, bersama Paul Newman; dan 1959's Suddenly, Last Summer, bersama Clift dan Katharine Hepburn.

Tiga film terakhir masing-masing mendapatkan nominasi Taylor Oscar, sebelum dia membawa pulang penghargaan aktris terbaik untuk Butterfield 8 tahun 1960, dengan Laurence Harvey dan Eddie Fisher, dan Who’s Afraid of Virginia Woolf tahun 1966, dengan Richard Burton.

 

**Ibadah Ramadan makin khusyuk dengan ayat-ayat ini.

Saksikan Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kisah Pernikahan Elizabeth Taylor

Di luar layar, kehidupan pribadi Taylor yang penuh warna menghasilkan banyak berita utama.

Pada 1950, aktris berusia 18 tahun itu menikah dengan pewaris hotel Conrad Hilton, namun hanya berlangsung satu tahun.

Kemudian pada tahun 1952, ia menikah dengan aktor Inggris Michael Wilding, pasangan itu memiliki dua putra sebelum bercerai pada 1957.

Pada tahun yang sama, Taylor menikahi produser Mike Todd, dan memiliki seorang putri, namun setahun kemudian Todd meninggal dalam kecelakaan pesawat.

Pada tahun 1959, Taylor menikah dengan penyanyi Eddie Fisher (yang meninggalkan istrinya Debbie Reynolds untuk Taylor); tetapi berakhir pada tahun 1964.

Beberapa hari setelah perceraiannya dengan Fisher diselesaikan, Taylor menikahi aktor Welsh Richard Burton, yang menjadi lawan mainnya di Cleopatra tahun 1963.

Publik terpesona oleh gaya hidup mewah Taylor dan Burton, di antara hadiahnya adalah berlian 69 karat, dan hubungan yang kacau balau.

Pasangan yang mengadopsi seorang putri kemudian bercerai pada 1974, dan menikah lagi pada tahun berikutnya tetapi bercerai lagi pada 1976.

Pada tahun 1976, Taylor menikahi politisi Virginia John Warner, yang kemudian menjadi senator AS, pasangan itu bercerai pada 1982.

Pada 1980-an, Taylor, yang berjuang melawan kecanduan alkohol, narkoba, dan makan berlebihan, serta menghabiskan waktu di Betty Ford Center.

Pada tahun 1991, dia menikah dengan pekerja konstruksi Larry Fortensky, yang dia temui di pusat perawatan, namun lima tahun kemudian mereka bercerai.

Selain masalah kecanduannya, Taylor menderita berbagai masalah kesehatan sepanjang hidupnya, mulai dari penggantian pinggul hingga patah tulang belakang hingga tumor otak.

Selain karier filmnya, warisan Taylor mencakup pekerjaannya sebagai aktivis perintis dalam perang melawan AIDS.

Mulai 1980-an, aktris itu membantu mengumpulkan jutaan dolar untuk memerangi penyakit itu.

Taylor dimakamkan di Forest Lawn Memorial Park di Glendale, California, tempat yang sama di mana temannya Michael Jackson dimakamkan.

 

Reporter: Veronica Gita

3 dari 3 halaman

Infografis Diplomasi Lewat Jalur Kuliner

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.