Sukses

5 Teori Konspirasi Paling Aneh, Ada yang Sebut Meghan Markle Robot

Beberapa teori konspirasi aneh telah berkembang dan salah satunya menyebut bahwa Meghan Markle adalah robot.

Liputan6.com, London - Psikolog telah menemukan bahwa umpan balik daripada bukti kuat meningkatkan rasa kepastian orang ketika mempelajari hal-hal baru atau mencoba membedakan yang benar dari yang salah.

Menurut penelitian dari University of California, Berkeley, yang diterbitkan dalam jurnal Open Mind pada tahun 2018, kepercayaan orang lebih cenderung diperkuat oleh reaksi positif atau negatif, yang mereka terima sebagai tanggapan atas suatu pendapat, tugas atau interaksi daripada dengan logika, penalaran dan data ilmiah.

Dalam praktiknya, ini berarti bahwa "jika Anda merasa tahu banyak tentang sesuatu, meskipun sebenarnya tidak, maka cenderung tidak cukup penasaran untuk mengeksplorasi topik lebih jauh, dan akan gagal untuk mempelajari seberapa sedikit yang Anda ketahui", kata penulis utama studi tersebut Louis Marti.

Mengutip dari The Week, Senin (15/3/2021), Barkeley News mengatakan, "Dinamika kognitif ini dapat terjadi di semua lapisan kehidupan nyata dan virtual, termasuk media sosial dan ruang gema berita kabel, dan mungkin menjelaskan mengapa beberapa orang mudah ditipu oleh penipu."

Berikut adalah beberapa teori konspirasi yang paling menarik dan aneh:

 

**Ibadah Ramadan makin khusyuk dengan ayat-ayat ini.

Saksikan Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Paul McCartney sudah mati

Salah satu teori konspirasi budaya pop yang paling tidak biasa menyangkut anggota Fab Four.

Legenda Beatles mengatakan bahwa Paul McCartney diam-diam meninggal pada tahun 1966, di puncak ketenaran band, dan bahwa tiga anggota lainnya menutupinya dengan mempekerjakan seseorang yang bernyanyi seperti dia.

Beatlemaniacs menunjukkan banyak petunjuk di album band selanjutnya sebagai buktinya.

Album The Sgt Pepper's Lonely Hearts Club Band, kata mereka, dibanjiri dengan petunjuk "Paul sudah mati".

Seperti lirik A Day in the Life, yang menampilkan kalimat "Dia meledak pikirannya di dalam mobil" dan kalimat "Paul sudah mati, rindu dia, rindu dia," yang menjadi bukti hanya ketika lagu diputar mundur.

Lennon juga bergumam, "Aku menguburkan Paul" di akhir "Strawberry Fields Forever" meskipun dia kemudian menyangkal ada makna tersembunyi dalam liriknya dan yang sebenarnya dia katakan adalah "saus cranberry".

 

3 dari 7 halaman

2. Elvis masih hidup

Legenda musik Elvis Presley meninggal pada 16 Agustus 1977, namun banyak yang mempertanyakan kebenarannya.

Jika teori konspirasi terbaru dapat dipercaya, maka Raja Rock and Roll tersebut memalsukan kematiannya sendiri dan sekarang bekerja sebagai penjaga lapangan di Graceland.

Rekaman kasar dari seorang pria berjanggut telah diposting di YouTube oleh "The Shadow", yang mengklaim sosok itu adalah Elvis yang berusia 81 tahun.

Dalam caption videonya, yang telah ditonton hampir 2,2 juta kali, The Shadow menulis: "Dia mengangkat 2 jarinya ke atas kepala kirinya sebagai bukti sinyal kehidupan."

Dalam Numerologi Khaldea, nilai numerik dari tanda V dalam Numerologi adalah bukti kehidupan.

 

4 dari 7 halaman

3. Pangeran Charles adalah seorang vampir

Menurut catatan silsilah, Pangeran Charles diyakini sebagai keturunan dari Vlad the Impaler, inspirasi bagi Drakula Bram Stoker.

Pertama kali terungkap dalam buku Iain Moncreiffe tahun 1982, Yang Mulia, Pangeran dapat melacak garis keturunannya kembali melalui nenek buyutnya Ratu Mary, permaisuri George V, hingga Vlad IV, saudara tiri dari penguasa terkenal yang kejam.

Pewaris takhta bahkan muncul dalam video promosi untuk Kantor Pariwisata Nasional Rumania, bercanda "Transylvania ada dalam darahku".

Pada 2017, dilaporkan bahwa Charles bahkan telah ditawari gelar kehormatan 'Pangeran Transylvania' karena hubungannya dengan wilayah tersebut dan promosi Transylvania sebagai tujuan wisata.

Semua ini telah membuktikan para ahli teori konspirasi yang mengklaim, seperti anggota keluarga kerajaan lainnya, Pangeran Charles tidak seperti yang terlihat dan mungkin sebenarnya memiliki lebih banyak kesamaan dengan leluhurnya yang terkenal.

Harper's Bazaar mengatakan bahwa salah satu alasan teori ini membawa bobot adalah karena penyakit Porphyria hadir di antara para bangsawan.

Porphyria adalah penyakit kekurangan zat besi yang membuat kulit sensitif terhadap sinar matahari.

 

5 dari 7 halaman

4. Putri Diana dibunuh

Konspirasi lain yang melibatkan keluarga kerajaan Inggris berpusat pada teori bahwa Putri Diana tidak meninggal secara tidak sengaja di Paris pada tahun 1997, tetapi dengan sengaja dibunuh.

Sejumlah investigasi, ahli, dan penyelidikan semuanya setuju dengan laporan resmi kejadian bahwa Princess of Wales terbunuh karena sopirnya yang "sangat lalai" menyetir Henri Paul karena sedang mabuk-mabukan.

Namun, para konspirasis percaya bahwa apa yang terjadi bukanlah kecelakaan tragis, melainkan serangan yang dilakukan oleh agen-agen negara Inggris.

Pemilik Harrods, Mohamed al-Fayed, yang putranya Dodi meninggal dalam kecelakaan itu, mengklaim pembunuhan itu diperintahkan karena keluarga kerajaan tidak ingin ibu dari calon raja memiliki anak dengan putranya yang adalah seorang Muslim.

"Dibantu oleh Daily Express, persekongkolan itu begitu meyakinkan dan tersebar luas sehingga Met Police terpaksa meluncurkan Operation Paget, sebuah penyelidikan untuk menetapkan apakah ada kebenaran dalam teori tersebut," lapor The Independent.

Itu berlangsung bertahun-tahun, menghabiskan biaya jutaan pound dan akhirnya tidak menemukan dasar untuk klaim tersebut.

Namun demikian, jajak pendapat YouGov 2013 menemukan bahwa 38% orang Inggris masih percaya Diana dibunuh.

Sebuah survei baru oleh firma jajak pendapat internasional IFOP menemukan bahwa ini kira-kira sama dengan persentase publik Prancis, meskipun itu tidak seberapa jika dibandingkan dengan hampir enam dari sepuluh gilets jaunes yang mengaku bahwa kematian Diana adalah "pembunuhan bertopeng".

6 dari 7 halaman

5. Meghan Markle adalah robot

Yang ini telah beredar di internet sejak klip muncul pada bulan Juni, yang menunjukkan Meghan Markle dan Pangeran Harry di final Britain’s Got Talent.

Klip tersebut, yang telah menjadi viral, menunjukkan pasangan kerajaan itu duduk di antara penonton dan bertepuk tangan, sementara wajah mereka tetap tidak bergerak, bahkan tidak berkedip.

Itu memicu spekulasi liar bahwa Duke dan Duchess of Sussex adalah robot, atau setidaknya memiliki ganda android yang mereka gunakan.

Fitur baru, yang diharapkan dapat memasukkan selebriti terkenal lainnya dalam koleksi Madame Tussauds, akan memungkinkan pengunjung untuk melihat dan berinteraksi dengan klon lilin bangsawan lebih dekat dari biasanya.

Harper's Bazaar mengatakan "tampaknya 'Harry dan Meghan' dalam video viral itu hanyalah dua penonton yang memakai topeng wajah bangsawan".

 

Reporter: Veronica Gita

7 dari 7 halaman

Infografis Waspada Varian Corona B117 Terdeteksi di Indonesia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.