Sukses

Program Vaksin Israel Berhasil Turunkan Kasus COVID-19

Program vaksin di Israel sudah menunjukan keberhasilan mencegah kasus COVID-19 di kalangan lansia.

Liputan6.com, Tel Aviv - Program vaksinasi berhasil mengurangi penularan COVID-19 di Israel. Ini terlihat dari menurunnya jumlah kasus di kalangan lansia di atas 60 tahun.

Kementerian Kesehatan Israel menyebut dari 743 ribu lansia yang mendapat vaksin COVID-19 hanya 531 yang tertular COVID-19 (0,07 persen).

Menurut laporan BBC, Selasa (2/2/2021), jumlah yang harus dilarikan ke rumah sakit dengan moderat hingga kritis parah juga menurun menjadi 38 saja.

Data tersebut berasal dari hampir sejuta orang yang sudah disuntik vaksin COVID-19. Sebanyak 743 ribu di antaranya adala lansia berusia 60 tahun ke atas.

Israel telah melakukan vaksinasi menggunakan vaksin Pfizer yang butuh dua dosis. Data Kemenkes menunjukan jumlah kasus menurun dalam 14 hari setelah pemberian dosis pertama.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tertular Sebelum Meraih Imunitas

Ada tiga orang lansia yang meninggal setelah disuntik vaksin COVID-19, namun kemungkinan mereka sudah tertular sebelum imunitas terbangun.

Sebelum efek vaksin COVID-19 bekerja, ada lebih dari 7.000 infeksi yang tercatat. Kasus sakit moderat hingga kritis berada di bawah 700 dan 307 meninggal.

Israel menyuntik vaksin COVID-19 dengan jarak setidaknya dua minggu. Penurunan kasus terbanyak terlihat selang tujuh hari usai pemberian dosis kedua vaksin. 

Berdasarkan data Johns Hopkins University, Israel telah mencatat 652 ribu kasus COVID-19 selama pandemi.

3 dari 3 halaman

Infografis COVID-19:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.