Sukses

WHO Imbau Jangan Panik, Pastikan Semua Orang Bakal Terima Vaksin COVID-19

Liputan6.com, Jenewa - Tidak ada yang perlu panik untuk mendapatkan akses ke vaksin COVID-19 karena setiap orang yang menginginkannya akan mendapatkannya, kata Organisasi Kesehatan Dunia, Rabu (20 Januari).

Asisten direktur jenderal WHO Mariangela Simao mengatakan badan kesehatan PBB sedang bekerja untuk memastikan akses ke jab virus corona di seluruh dunia. Demikian seperti mengutip Channel News Asia, Kamis (21/1/2021). 

"Tidak ada yang perlu panik, karena Anda akan mendapatkan vaksin," kata Simao, asisten direktur jenderal untuk akses ke obat-obatan, vaksin, dan farmasi.

"Kami telah bekerja sangat keras untuk memastikan bahwa semua negara, semua populasi, memiliki kesempatan untuk mengakses vaksin ini," katanya pada siaran langsung media sosial WHO.

Simao mengatakan bahwa sekitar 50 negara telah memulai kampanye vaksinasi COVID-19, dengan lebih dari 40 di antaranya adalah negara berpenghasilan tinggi.

2 dari 4 halaman

Produksi Vaksin

Fasilitas COVAX yang dipimpin bersama WHO, upaya pengadaan dan distribusi vaksin yang dikumpulkan secara global, telah mencapai kesepakatan dengan lima produsen untuk 2 miliar dosis vaksin.

Ini bertujuan untuk mendapatkan vaksin bagi 20 persen populasi di setiap negara yang berpartisipasi pada akhir tahun, dengan pendanaan yang tercakup untuk 92 ekonomi berpenghasilan rendah dan menengah ke bawah yang terlibat.

"Kami mengharapkan dosis pertama mencapai negara-negara pada akhir Februari," kata Simao.

3 dari 4 halaman

Infografis Vaksin COVID-19:

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: