Sukses

Ucapan Selamat dari Sederet Pemimpin Dunia Usai Pelantikan Joe Biden dan Kamala Harris

Liputan6.com, Washington D.C - Para pemimpin dunia, politikus, dan pemimpin agama mengucapkan selamat kepada Presiden Joe Biden dan Wakil Presiden Kamala Harris yang baru dilantik dalam serangkaian pesan.

Dimulai dari Perdana Menteri Jepang Yoshihide Suga yang menulis di akun Twitternya, "Selamat kepada Presiden @JoeBiden dan Wakil Presiden @KamalaHarris pada pelantikan Anda. Jepang dan Amerika Serikat adalah sekutu yang terikat kuat oleh ikatan dan nilai universal bersama."

Selanjutnya, Presiden Chile Sebastian Pinera menulis cuitan di Twitternya, "Hari ini @JoeBiden menjabat sebagai Presiden AS ke-46. Pemerintahannya akan memiliki misi untuk menyembuhkan jiwa negara dan memperkuat persahabatan sipil."

"Komitmen terhadap demokrasi, kebebasan dan hak asasi manusia tidak mengenal batas. Saya berharap yang terbaik untuk Presiden Biden."

Presiden Kolombia Alvaro Uribe pun juga mendoakan kesuksesan bagi pemerintahan Joe Biden.

"Semua yang terbaik bagi AS dan Joe Biden Pemerintah AS:. Demokrasi Teladan dan mendasar sekutu," tulis Uribe di Twitter dalam bahasa Spanyol.

2 dari 3 halaman

Ucapan Selamat dari Meksiko hingga Vatikan

Selain itu, Presiden Meksiko Andres Manuel Lopez Obrador juga tak ketinggalan mengirim ucapan selamat. 

Dia berharap Presiden terpilih Joe Biden baik-baik saja sebelum pelantikannya pada hari Rabu.

Dalam pengarahan hariannya, Lopez Obrador juga mengatakan pandemi virus corona, pemulihan ekonomi, dan migrasi akan menjadi bidang utama dalam hubungan bilateral dengan Amerika Serikat.

"Ketiga tema itu sangat penting: pandemi, pemulihan ekonomi, dan migrasi," katanya. Lopez Obrador juga mengatakan Biden harus mengambil langkah-langkah untuk menyelesaikan status imigrasi orang Meksiko yang bekerja di AS.

Sementara itu, dalam serangkaian tweet, Perdana Menteri India Narendra Modi menawarkan "ucapan selamat terhangat" untuk Biden dan Harris.

Tak ketinggalan, Presiden Pakistan Imran Khan juga mengirim ucapan selamat kepada Joe Biden dan Kamala Harris. 

Paus Fransiskus pun juga mengirim doa untuk kepemimpinan Biden. 

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: