Sukses

Para Dokter Ragukan Target Korea Selatan Raih Herd Immunity COVID-19 di Tahun 2021

Para dokter meragukan target yang ditetapkan pemerintah Korea Selatan untuk mencapai kekebalan komunitas COVID-19.

Liputan6.com, Seoul - Pakar medis mengatakan pemerintah Korea Selatan tidak mengambil langkah yang diperlukan untuk mencapai tujuannya mencapai kekebalan komunitas atau biasa disebut herd immunity terhadap virus corona melalui vaksinasi massal pada November.

Mereka mengatakan pemerintah gagal mengamankan cukup vaksin dan juga lamban melatih staf untuk penyimpanan, distribusi, dan inokulasi. Korea Selatan juga tertinggal dalam pengambilan keputusan atas situs vaksinasi, kata mereka seperti dikutip dari laman Channel News Asia, Selasa (19/1/2021). 

Garis waktu pemerintah - yang menyerukan vaksinasi individu-individu utama dimulai pada Februari, dengan 32 juta-36 juta orang divaksinasi pada September - tidak mungkin berhasil pada kecepatan saat ini, kata para ahli.

Untuk mencapai target di bulan September, pemerintah membutuhkan 4.000 dokter untuk menemui setidaknya 400.000 orang setiap hari, kata Jun Byung-yool, mantan direktur Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Korea Selatan.

"Pemerintah telah memerintahkan setiap pemerintah daerah untuk mengamankan tenaga mereka sendiri, tetapi daerah pedesaan akan sangat kekurangan tenaga medis dan infrastruktur untuk melakukan vaksinasi," kata Jun.

"Secara realistis tidak mungkin memvaksinasi 400.000 orang sehari."

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Proses Vaksinasi Dinilai Lambat

Menghadapi kritik publik bahwa rencana pengadaan vaksinasi terlalu lambat karena negara tersebut berjuang untuk menahan gelombang ketiga pandemi, Presiden Moon Jae-in telah berusaha meyakinkan penduduk.

"Saya pikir kami akan mencapai kekebalan kawanan penuh paling lambat November," katanya dalam konferensi pers.

Korea Selatan telah mengamankan 106 juta dosis untuk memungkinkan cakupan 56 juta orang, lebih dari 52 juta penduduknya, dari empat pembuat obat - AstraZeneca, Pfizer, Johnson & Johnson's Janssen, Moderna - dan skema pembagian vaksin WHO COVAX.

Otoritas kesehatan mengakui ada rintangan besar tetapi mengatakan jadwal mereka didasarkan pada kebutuhan untuk belajar dari program vaksin di negara lain. 

Pada akhirnya, Korea Selatan akan menyelesaikan upaya vaksinasi secepat atau lebih cepat dari banyak tempat lain, kata mereka.

"Perkiraan ukuran pusat vaksinasi dan tenaga kerja dapat bervariasi tergantung pada ukuran populasi kota, kabupaten atau distrik," kata direktur KDCA Jeong Eun-kyeong dalam penjelasan singkat. 

"Kami membuat pedoman rinci untuk pengoperasian situs."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.