Sukses

Full Wolf Moon, Bulan Punama Saat Serigala Melolong Muncul pada 28 Januari 2021

Liputan6.com, Jakarta - Jika Anda sempat ketinggalan melihat bulan purnama di beberapa waktu belakangan, maka Anda bisa memiliki kesempatan lagi pada 28 Januari nanti.

Bulan purnama pertama tahun 2021 akan menerangi langit di tanggal tersebut, demikian dikutip dari laman Mentalfloss.com, Kamis (14/1/2021).

Full Wolf Moon adalah satu-satunya bulan purnama yang terjadi di bulan Januari.

Nama ini berasal dari fakta bahwa serigala dianggap lebih sering melolong selama bulan pertama di awal tahun.

Nama lain untuk bulan purnama di bulan Januari ini adalah cold moon and severe moon.

Sementara orang Assiniboine -- penduduk asli Amerika yang berasal dari wilayah Dataran Great Plains Utara -- menyebut bulan purnama ini sebagai bulan tengah (center moon) karena peristiwa tersebut diakui sebagai titik tengah musim dingin, menurut The Old Farmer's Almanac.

2 dari 3 halaman

28 Januari 2021

Tahun ini, Full Wolf Moon jatuh pada Kamis, 28 Januari. Bulan akan mencapai puncak pada pukul 19.16. UTC atau 14:16. EST.

Jika bulan tidak terlihat di belahan dunia tempat Anda tinggal saat ini, maka tunggu hingga matahari terbenam. Benda langit akan tetap terlihat besar dan cerah sepanjang malam.

Full Wolf Moon adalah salah satu dari banyak fenomena langit, terutama Bulan yang menarik untuk dinantikan di tahun 2021.

Setelah menyaksikan yang satu ini, tandai kalender Anda untuk 27 Februari. Saat itulah February's snow moon akan muncul.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Berikut Ini: