Sukses

Australia Bakal Mulai Vaksinasi COVID-19 Massal pada Februari 2021

Pemerintah Australia mempercepat proses vaksinasi COVID-19 secara massal pada bulan Februari 2021, bukan bulan Maret seperti rencana awal.

Liputan6.com, Canberra - Menghadapi wabah baru COVID-19, pemerintah Australia telah berjanji untuk memulai vaksinasi massal pada Februari, bukan Maret seperti yang direncanakan.

Mengutip BBC, Jumat (8/1/2021), Perdana Menteri Scott Morrison mengatakan regulator sekarang diharapkan untuk menyetujui vaksin Pfizer / BioNTech pada akhir Januari.

Dia mengumumkan rencananya pada hari Kamis ketika Kota Sydney dan Melbourne tengah berjuang untuk mengendalikan cluster baru.

Pada Maret, empat juta warga Australia bisa divaksinasi, katanya.

"Kami sekarang berada dalam posisi di mana kami yakin akan dapat memulai vaksinasi pada pertengahan hingga akhir Februari," kata Morrison. 

Setelah persetujuan peraturan, urutan pertama dari 10 juta dosis vaksin Pfizer di negara itu harus dikeluarkan dalam hitungan minggu.

Pihak berwenang juga membuat kesepakatan dengan AstraZeneca, yang mengembangkan vaksin dengan Universitas Oxford, untuk menghasilkan dosis secara lokal. Persetujuan vaksin itu diharapkan pada Februari, kata Morrison. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Target Vaksin Pemerintah Australia

Dengan kedua vaksin disetujui, Australia bertujuan untuk memberikan vaksin kepada 80.000 orang setiap minggu pada awalnya dan kemudian mempercepat langkahnya, kata pemerintah. 

Ini bertujuan untuk melakukan vaksinasi terhadap empat juta orang pada awal Maret.

Kelompok prioritas pada putaran pertama termasuk 700.000 pekerja garis depan di sektor kesehatan, penegakan perbatasan dan panti jompo, bersama dengan penghuni panti jompo.

Setelah itu, warga Australia berusia di atas 70 tahun, Aborigin dan Penduduk Pribumi Selat Torres di atas 55 tahun, petugas kesehatan, orang dewasa dengan kondisi kesehatan yang mendasarinya, dan pekerja layanan darurat akan menjadi yang berikutnya.

Dua kelompok infeksi baru mengkhawatirkan pihak berwenang di negara itu, di mana jumlah kasus dan kematian secara keseluruhan relatif rendah.

Sekitar 28.500 infeksi virus corona dan 909 kematian telah dilaporkan sejak pandemi dimulai. 

Morrison menambahkan bahwa pihak berwenang berusaha menghentikan penyebaran varian COVID-19 yang lebih menular yang pertama kali diidentifikasi di Inggris. Sejumlah pendatang di Australia dinyatakan positif mengidap jenis itu.

Secara global, Israel adalah pemimpin dalam vaksinasi orang terbanyak, diikuti oleh Uni Emirat Arab dan Bahrain, menurut situs pelacakan global yang berafiliasi dengan Universitas Oxford.

3 dari 3 halaman

Infografis Vaksin COVID-19:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.