Sukses

Anda Sering Gosok Kedua Kaki Saat atau Sebelum Tidur? Ini Alasannya

Bisa jadi Anda termasuk salah satu dari banyak orang yang punya kebiasaan menggosokkan kaki sebelum tidur. Ternyata, ini alasannya.

Liputan6.com, Jakarta - Ketika hari yang berat selesai dan akhirnya tidur, kebanyakan dari kita melakukan hal yang tidak bisa dijelaskan. Tanpa disadari, kita menggosok-gosokkan kaki agar bisa lebih mudah tertidur.

Menurut apa yang orang bicarakan di internet, ini adalah topik yang menimbulkan beberapa pertanyaan. Yaitu, mengapa banyak orang suka menggosokkan kaki sebelum tidur?

Bagaimana ini bisa terjadi? Apakah kebiasaan menggosokkan kaki ini adalah hal buruk?

Berikut adalah sedikit riset untuk mencari tahu apa alasan di balik kebiasaan ini, demikian dikutip dari laman Brightside.me, Senin (4/1/2021):

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Tanda gangguan tidur

Menggosok kaki di tempat tidur mungkin tidak berbahaya seperti yang terlihat. Namun, ada kondisi yang disebut gangguan tungkai periodik yang memengaruhi kaki dan Anda tiba-tiba kram atau tersentak saat tidur.

Ini dapat berdampak negatif dan menyebabkan kantuk di siang hari. Jika Anda menggerakkan dan menggosok kaki secara ritmis di tempat tidur, maka kondisi ini bisa menjadi penyebabnya.

 

3 dari 5 halaman

2. Kondisi medis

Mungkin ada alasan lain yang cukup serius untuk itu. Jika Anda merasakan sensasi di kaki saat berbaring dan menggosok atau menggerakkannya adalah satu-satunya cara untuk meredakan nyeri - itu bisa berarti Anda mengalami sindrom kaki gelisah.

Ini adalah gangguan sensorik neurologis yang membuat Anda tidak bisa beristirahat dengan baik. Untuk memastikan Anda terpengaruh, maka perlu berkonsultasi dengan dokter.

 

4 dari 5 halaman

3. Cara menenangkan diri

Anda mencoba untuk merasa nyaman dengan menggosokkan kaki. Anda menciptakan efek sentuhan dekat pada kulit dengan melakukan ini dan itu membuat diri sendiri merasa rileks.

Kulit dikenal sangat sensitif terhadap rangsangan luar, sehingga bisa menjadi alat yang ampuh dalam kemampuan kita untuk melepas lelah setelah seharian penuh stres.

5 dari 5 halaman

4. Hanya sebuah kebiasaan

Itu bisa saja menjadi cara biasa bagi Anda untuk tertidur, bukan kondisi medis atau fenomena fisiologis.

Banyak orang benar-benar menggosok kaki mereka di tempat tidur tanpa menyadarinya. Sekalipun pada awalnya itu terjadi karena salah satu alasan yang disebutkan di atas, itu bisa saja berkembang menjadi kebiasaan sederhana.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.