Sukses

Capai Volume Perdagangan Bilateral, China-Uni Eropa Tuntaskan Perjanjian Investasi

Uni Eropa adalah mitra dagang terbesar kedua China, serta tujuan ekspor dan sumber impor terbesar kedua.

Liputan6.com, Jakarta - China dan Uni Eropa dilaporkan telah menuntaskan perundingan perjanjian investasi serta perdagangan.

Data terbaru menunjukkan, China dan Uni Eropa telah mencapai volume perdagangan bilateral US$ 581,28 miliar dalam 11 bulan pertama, naik 3,5 persen terlepas dari imbas pandemi Covid-19 tahun ini.

Dikitip dari laman VOA Indonesia, Jumat (1/1/2021), Uni Eropa adalah mitra dagang terbesar kedua China, serta tujuan ekspor dan sumber impor terbesar kedua.

Perdagangan antara kedua pihak menjadi berharga. Produk elektronik dan mesin serta produk teknologi tinggi dalam ekspor China ke Eropa pada 2019 masing-masing menyumbang 61 persen dan 28 persen, naik dari 51 persen dan 19 persen pada 2001.

Sementara itu, nilai perdagangan jasa antara keduanya mencapai rekor tertinggi pada 2019, yaitu US$ 140,7 miliar.

Dalam beberapa tahun ini, investasi dua arah China-Uni Eropa semakin dalam dan beralih ke tahap baru kerja sama yang intensif.

 

Simak video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Investasi Uni Eropa ke China

Pada November 2020, 27 negara Uni Eropa telah menginvestasikan US$ 117,98 miliar di China, dengan jumlah total lebih dari 38 ribu proyek investasi.

Menurut survei yang dilakukan Kamar Dagang Eropa (European Chamber of Commerce) di China, pandemi Covid-19 belum menggoyahkan kepercayaan perusahaan Eropa untuk berinvestasi di China.

Belt and Road Initiative antara China dan Uni Eropa telah membuahkan hasil yang memuaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.