Sukses

Ketua Senat AS Mitch McConnell Beri Selamat Joe Biden: Electoral College Bicara

Liputan6.com, Washington, D.C. - Ketua Senat Amerikat Serikat, Mitch McConnell akhirnya memberikan selamat kepada Joe Biden yang sah menang di pemilu AS 2020.

Mitch McConnell adalah sekutu dekat Donald Trump.

Dilansir CNN, Rabu (16/12/2020), ucapan selamat ini datang setelah Joe Biden dinyatakan menang oleh electoral college. Sebelumnya, McConnell masih ogah mengakui kemenangan Biden.

"Electoral college telah berbicara," ujar McConnell. "Hari ini saya ingin memberi selama kepada Presiden Terpilih Joe Biden."

Mitch McConnell juga memberikan selamat kepada Wakil Presiden Terpilih Kamala Harris.

Mitch McConnell adalah senator dari Kentucky. Posisinya sebagai pemimpin Senat menjadikannya salah satu anggota Partai Republik yang paling berpengaruh.

Komentar McConnell dinilai signifikan karena masih ada anggota senator Partai Republik yang menolak mengakui kemenangan Joe Biden. Donald Trump juga masih menyatakan pemilu AS curang.

2 dari 3 halaman

Respons Partai Demokrat

Politikus Partai Demokrat memberikan reaksi beragam.

Senator Dick Durbin mengaku kecewa karena butuh waktu berminggu-minggu untuk anggota Partai Republik hingga akhirnya mengakui kemenangan Joe Biden.

"Fakta bahwa hanya butuh enam minggu bagi para kolega saya untuk mengenali kenyataan dan berhenti melemahkan proses demokrasi kita adalah hal yang sedih dan mengecewakan," ujar Senator Durbin.

Senator Chuck Schumer yang memimpin Partai Demokrat di Senat meminta agar Donald Trump dan anggota Partai Republik lain mengikuti langkah McConnell.

"Kolega-kolega Republik kami, demi demokrasi kita, dan demi transisi kekuasaan yang damai, hentikanlah berbagai kegaduhan," ujar Schumer. "Hentikan misrepresentasi dan akuilah bahwa Joe Biden akan menjadi presiden kita selanjutnya."

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: