Sukses

Dubes Ibnu Hadi Raih Orde Persahabatan dari Pemerintah Vietnam

Dubes RI untuk Vietnam, Ibnu Hadi, meraih Orde Persahabatan di tahun akhir jabatannya di Vietnam.

Liputan6.com, Hanoi - Duta Besar Indonesia untuk Vietnam, Ibnu Hadi, dianugerahi Orde Persahabatan (Friendship Order). Penghargaan itu diberikan atas kontribusi Dubes Ibnu Hadi dalam menguatkan kemitraan antara Vietnam dan Indonesia.

Orde Persahabatan dan piagam yang ditandatangani oleh Presiden Vietnam tersebut diserahkan langsung oleh Wakil Menteri Luar Negeri Vietnam Nguyen Quoc Dzung dalam upacara resmi yang diselenggarakan di Kantor Kementerian Luar Negeri pada Kamis (3/12/2020).

Wamen Dzung menegaskan pengakuan dan penghargaan Pemerintah Vietnam kepada Duta Besar Ibnu Hadi yang telah berkontribusi memperkuat dan meningkatkan hubungan bilateral. Ia menyampaikan bahwa dalam beberapa tahun terakhir hubungan persahabatan dan kerja sama multi-aspek antara Vietnam dan Indonesia terus berkembang dengan baik.

Berdasarkan rlis resmi KBRI Hanoi yang diterima Kamis (3/12/2020), perdagangan bilateral pada tahun 2017 sebesar USD6,82 miliar tumbuh menjadi USD 9,01 miliar pada tahun 2019. Investasi Indonesia di Vietnam juga bernilai baik dengan proyek-proyek ternama di antaranya Thang Long Cement/Semen Indonesia dan Citra West Lake/Ciputra Group.

Duta Besar Ibnu Hadi mengapresiasi penghargaan yang diterima pada tahun terakhir penugasannya di Vietnam. Momen itu menjadi semakin istimewa karena bertepatan dengan Keketuaan Vietnam di ASEAN 2020, posisi Indonesia dan Vietnam sebagai anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB, dan peringatan 65 tahun hubungan diplomatik antara kedua negara (30 Desember 1955 – 30 Desember 2020).

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Dubes Ibnu Hadi Membawa Unicorn ke Vietnam

Dalam lima tahun terakhir, kerja sama bilateral antara Indonesia dan Vietnam di bidang politik, perdagangan, investasi, sosial budaya, dan hubungan antarmasyarakat mengalami perkembangan yang luar biasa.

Di bidang ekonomi digital khususnya, Dubes Ibnu Hadi berhasil membantu kehadiran unicorn Indonesia di Vietnam.

“Beberapa unicorn Indonesia seperti Traveloka, Gojek, dan Ruang Guru telah melebarkan sayapnya di Vietnam. Platform e-commerce kecantikan Indonesia, Sociolla, juga akan segera meluncurkan ekspansi luar negeri pertamanya di Vietnam pada minggu depan," tambahnya.

Menutup pidatonya, Dubes Ibnu Hadi menegaskan bahwa Vietnam akan selalu menjadi rumah keduanya dan ia amat menghargai hubungan persahabatan yang selama ini terjalin dengan seluruh teman dan kolega di Vietnam.

Friendship Order ini merupakan penghargaan kedua yang diterima oleh Duta Besar Ibnu Hadi di penghujung masa tugasnya di Vietnam. Sebelumnya, ia telah memperoleh penghargaan Medal for Peace and Friendship Among Nations dari Vietnam Union of Friendship Organizations/VUFO pada 24 November lalu.  

3 dari 3 halaman

Medal for Peace and Friendship Among Nations

Beberapa hari sebelumnya, Dubes Ibnu Hadi, menerima penghargaan Medal for Peace and Friendship Among Nations dari Vietnam Union of Friendship Organizations (VUFO). Penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Ketua Vietnam Union of Friendship Organization, Duta Besar Nguyen Phuong Nga, di kantor VUFO di Hanoi, Selasa sore 24 November 2020.

Dubes Nguyen Phuong Nga menyatakan bahwa penghargaan ini diberikan atas kontribusi aktif dan tak kenal lelah Dubes Ibnu Hadi untuk mempromosikan kerja sama antara Vietnam dan Indonesia, termasuk dalam membangun dan membina hubungan persahabatan antara masyarakat di kedua negara.

"Saya terkesan dengan berbagai kegiatan di berbagai bidang yang dilaksanakan oleh Dubes Ibnu Hadi dan KBRI Hanoi untuk mempromosikan persahabatan antar kedua bangsa," ujar Dubes Nguyen Phuong Nga dalam sambutan pembukanya seperti tertuang dalam keterangan tertulisnya yang diterima Rabu 25 November 2020.

"Dubes Ibnu Hadi termasuk salah satu Duta Besar yang paling aktif di Vietnam yang menyelenggarakan berbagai kegiatan diplomasi serta ikut serta dalam banyak kegiatan yang diselenggarakan oleh VUFO maupun pihak lain di Vietnam," tambahnya.

Acara penyerahan penghargaan turut disaksikan oleh Ketua Vietnam – Indonesia Friendship Association (VIFA), Nguyen Dang Tien, pejabat Kementerian Luar Negeri Vietnam dan Partai Komunis Vietnam, serta media setempat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.