Sukses

5 Tanaman Paling Aneh di Dunia, Nomor 3 dari Indonesia

Liputan6.com, Jakarta - Ada yang berbau busuk, makan serangga, menyimpan 300 liter air dan terbesar di dunia. Sejumlah tanaman ini merupakan yang paling aneh di dunia.

Meski begitu, Anda akan terkesima dengan bentuk tanaman ini. Mulai dari berbentuk kepala bahkan menyerupai botol yang menyimpan air.

Hal yang menarik dari sejumlah tanaman paling aneh di dunia ini yaitu, ada yang berasal dari Indonesia.

Seperti dikutip dari laman oddee, Rabu (2/12/2020), berikut 5 tanaman paling aneh di dunia:

 

2 dari 6 halaman

1. Welwitschia Mirabilis

Memang tidak cantik untuk dilihat, tetapi tanaman asal Namibia bernama Welwitschia Mirabilis ini benar-benar diklaim sebagai salah satu tanaman paling tahan di dunia.

Benar-benar tidak ada yang seperti itu. Tanaman Welwitschia hanya terdiri dari dua daun dan batang kokoh dengan akar. Itu saja.

Dua daun terus tumbuh sampai menyerupai surai berbulu. Batangnya menebal, bukannya bertambah tinggi, dan bisa tumbuh setinggi hampir 2 meter dan lebar 8 meter.

Umur mereka diperkirakan 400 hingga 1.500 tahun. Ia dapat bertahan hingga lima tahun tanpa hujan.

 

3 dari 6 halaman

2. Dionaea Muscipula

Dionaea muscipula atau yang dikenal sebagai perangkap lalat adalah yang paling terkenal dari semua tumbuhan karnivora karena sifat perangkapnya yang aktif dan efisien.

Mungkin terkenal, tapi juga terancam. Dua daun tanaman yang berengsel ditutupi rambut halus yang sangat sensitif dan bisa mendeteksi keberadaan segala sesuatu mulai dari semut hingga arakhnida.

4 dari 6 halaman

3. Rafflesia Arnoldii

Ada satu tanaman eksotis dan langka yang mungkin tidak ingin Anda tanam di dekat lanskap rumah Anda. Ia adalah bunga terbesar di dunia.

Bunga berwarna karat yang eksotis, sangat langka dan berbintik-bintik ini disebut Rafflesia Arnoldii.

Rafflesia Arnoldii, yang ini dimasukkan ke dalam famili Euphorbiaceae, adalah bunga yang diproduksi secara individual terbesar di dunia.

Aroma bunga ini seperti daging yang membusuk. Inilah mengapa sering disebut sebagai Corpse Plant oleh sebagian penduduk asli Indonesia, tempat asalnya.

Bunganya hanya bertahan tiga hari sampai seminggu. Bau mengerikan yang dihasilkannya menarik serangga penyerbuk ke sana untuk membantu melestarikan spesies.

5 dari 6 halaman

4. Euphorbia Obesa

Euphorbia Obesa adalah endemik di wilayah Great Karoo, Afrika Selatan. Pemanenan yang berkelanjutan oleh pengumpul tanaman telah berdampak parah pada populasi di alam liar.

Akibatnya, undang-undang nasional dan internasional telah diberlakukan untuk melindungi populasi yang tersisa.

Meskipun Euphorbia Obesa tetap terancam punah di habitat aslinya. Dengan menanam Euphorbia Obesa dalam jumlah besar, pembibitan dan kebun raya telah bekerja untuk memastikan bahwa spesimen yang diperdagangkan dan dijual di antara pengumpul tanaman tidak diperoleh dari alam liar.

 

6 dari 6 halaman

5. Baobab

Baobab adalah nama umum dari sebuah genus (Adansonia) yang mengandung delapan spesies pohon, asli Madagaskar, daratan Afrika dan Australia.

Juga dikenal sebagai Pohon Botol, tidak hanya terlihat seperti botol, tetapi pepohonan biasanya menyimpan sekitar 300 liter air. Tidak heran mengapa mereka sering hidup lebih dari 500 tahun.