Sukses

Bisa Sebabkan Permasalahan, Jangan Konsumsi Alkohol dengan 4 Makanan Ini

Liputan6.com, Jakarta - Apabila Anda berencana untuk datang ke pesta atau sekadar menikmati minuman yang mengandung alkohol, maka Anda harus melakukan persiapan.

Persiapan itu terkait hal yang akan Anda konsumsi. Anda diminta berhati-hati dengan apa yang Anda konsumsi sebelum datang ke pesta itu.

Sebab, beberapa makanan memiliki dampak yang buruk bagi tubuh Anda jika digabungkan bersama alkohol.

Seperti dikutip dari laman cheatsheet.com, Kamis (19/11/2020), berikut 4 makanan yang tidak boleh dimakan bersamaan dengan alkohol:

 

2 dari 5 halaman

1. Camilan Asin

Pada prinsipnya, alkohol mengeringkan tubuh Anda. Seperti halnya kafein, alkohol adalah diuretik, sehingga meningkatkan jumlah urin yang dihasilkan tubuh sambil menghalangi pelepasan hormon yang diperlukan untuk penyerapan air.

Makanan ringan asin seperti popcorn, keripik, dan kacang-kacangan hanya membuat Anda haus, membuat Anda meraih minuman lain, yang selanjutnya membuat tubuh Anda lebih dehidrasi.

Untuk mengatasi dehidrasi, makan makanan yang berbasis air seperti buah-buahan dan sayuran (mentimun dan semangka sangat baik).

 

3 dari 5 halaman

2. Makanan Pedas

Mengkonsumsi makanan pedas dan asam dalam kombinasi dengan alkohol sebenarnya dapat memicu refluks asam dan mulas.

Sebab, alkohol mengendurkan otot-otot yang menjaga makanan dan cairan di pencernaan Anda. Jadi, hindari makanan ini jika tak mau sakit perut.

 

4 dari 5 halaman

3. Sayuran Hijau

Sayuran hijau memang penting dan baik untuk kesehatan tubuh. Namun, makan salad sebelum Anda minum minuman beralkohol akan mempercepat kadar alkohol naik dalam darah.

Sebaiknya, Anda makan makanan yang mengandung protein tinggi, seperti ayam karena akan membantu mengurangi kecepatan kadar alkohol meningkat dalam darah.

 

5 dari 5 halaman

4. Sushi

Ikan mentah dan minuman alkohol merupakan kombinasi yang aneh, apalagi sushi biasa dimakan bersamaan dengan kecap asin.

Kecap asin inilah yang akan mendehidrasi tubuh, sehingga Anda lebih mudah untuk mabuk setelah minum alkohol.