Sukses

Vaksin COVID-19 Pfizer-BioNTech Diperkirakan Mulai Distribusi Sebelum Natal

Pihak perusahaan BioNtech yang tengah memproduksi vaksin COVID-19 memperkirakan bahwa vaksin akan mulai dikirim sebelum natal.

Liputan6.com, Jakarta - Pfizer dan BioNTech sukses mengamankan otorisasi darurat AS dan Eropa untuk vaksin COVID-19 mereka bulan depan, setelah hasil uji coba terakhir menunjukkan vaksin itu memiliki tingkat keberhasilan 95 persen dan tidak ada efek samping yang serius.

Melansir Channel News Asia, Kamis (19/11/2020), kemanjuran vaksin ditemukan konsisten di berbagai usia dan etnis. Temuan ini pun menjadi sebuah tanda yang menjanjikan, mengingat penyakit tersebut telah secara tidak proporsional melukai orang tua dan kelompok tertentu termasuk orang kulit hitam.

Badan Pengawas Obat dan Makanan AS dapat mengabulkan penggunaan darurat pada pertengahan Desember, kata Kepala Eksekutif BioNTech Ugur Sahin kepada Reuters TV. Persetujuan bersyarat di Uni Eropa dapat diperoleh pada paruh kedua Desember, tambahnya.

"Jika semua berjalan lancar, saya bisa membayangkan bahwa kami mendapat persetujuan pada paruh kedua Desember dan mulai meluncurkannya sebelum Natal, tetapi sebenarnya hanya jika semuanya berjalan positif," katanya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Efektivitas Vaksin COVID-19

Tingkat keberhasilan vaksin yang dikembangkan oleh pembuat obat AS dan mitra Jerman BioNTech jauh lebih tinggi daripada apa yang dikatakan oleh regulator akan dapat diterima.

Para ahli mengatakan itu adalah pencapaian yang signifikan dalam perlombaan untuk mengakhiri pandemi.

Dari 170 sukarelawan yang tertular COVID-19 dalam uji coba Pfizer yang melibatkan lebih dari 43.000 orang, 162 telah menerima plasebo dan bukan vaksin, artinya vaksin tersebut 95 persen efektif. Dari 10 orang yang terjangkit COVID-19 parah, satu orang sudah mendapat vaksin.

"Yang pertama dalam sejarah umat manusia: kurang dari satu tahun dari urutan virus hingga uji klinis berskala besar dari sebuah vaksin, terlebih lagi berdasarkan teknik yang sama sekali baru," kata Enrico Bucci, seorang ahli biologi di Temple University di Philadelphia.

Kepala eksekutif BioNTech Ugur Sahin mengatakan otorisasi penggunaan darurat AS (EUA) akan diterapkan pada hari Jumat.

Sebuah komite penasihat FDA secara tentatif berencana untuk bertemu pada 8-10 Desember untuk membahas vaksin tersebut, sumber yang mengetahui situasi tersebut mengatakan, meskipun tanggalnya bisa berubah. Namun, FDA tidak menanggapi permintaan komentar.

3 dari 4 halaman

Produksi Vaksin

Pfizer mengatakan akan membuat sebanyak 50 juta dosis vaksin tahun ini, cukup untuk melindungi 25 juta orang, dan kemudian menghasilkan hingga 1,3 miliar dosis pada tahun 2021.

Sementara beberapa kelompok seperti petugas layanan kesehatan akan diprioritaskan di Amerika Serikat dan Inggris untuk vaksinasi, perlu waktu berbulan-bulan sebelum peluncuran skala besar dimulai di kedua negara.

Pada hari Rabu, Pfizer mengatakan telah menawarkan untuk memberi Brasil jutaan dosis pada paruh pertama 2021. Ia juga memiliki perjanjian dengan Uni Eropa, Jerman dan Jepang di mana distribusi dapat dimulai tahun depan.

4 dari 4 halaman

Infografis Vaksin COVID-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.