Sukses

Di Tengah Demo Rakyat, Raja dan Ratu Thailand Resmikan Stasiun Bawah Tanah

Liputan6.com, Bangkok - Raja Thailand Maha Vajiralongkorn Bodindradebayavarangkun dan Ratu Suthida tampil dengan percaya diri dalam acara peresmian stasiun kereta bawah tanah baru di Bangkok pada Sabtu 14 November 2020. 

Pasangan kerajaan itu duduk di kereta bawah tanah di atas bantal empuk untuk pembukaan perpanjangan baru Jalur Biru Metropolitan Rapid Transit (MRT), saat para pria berseragam duduk di lantai gerbong sambil melambaikan tangan mereka. Demikian seperti mengutip laman Daily Mail, Selasa (17/11/2020). 

Kunjungan raja dan ratu tersebut dilakukan ketika Thailand tampak terpecah, dengan para royalis berkumpul di jalan-jalan mendukung raja sementara pengunjuk rasa pro-demokrasi memberikan penghormatan tiga jari untuk menentang kerajaan. 

 

2 dari 3 halaman

Tuntutan Demonstrasi Warga

Sementara itu, pengunjuk rasa pro-demokrasi berunjuk rasa di pusat kota, mengambil kesempatan untuk menunjukkan penolakan mereka terhadap struktur kekuasaan negara langsung kepada raja.

Tuntutan inti dari gerakan protes yang dipimpin mahasiswa adalah mundurnya Perdana Menteri Prayuth Chan-ocha, konstitusi diubah agar lebih demokratis, dan monarki direformasi agar lebih akuntabel.

Tuntutan atas monarki adalah yang paling kontroversial karena institusi kerajaan secara tradisional dianggap sebagai jantung dan jiwa bangsa, dan diperlakukan dengan sangat hormat. 

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini: