Sukses

Mengira Kucing Savannah, Pasangan Ini Tak Sengaja Beli Harimau Sumatera dari Internet

Liputan6.com, Le Havre - Pasangan asal Prancis mencoba membeli kucing Savannah dari situs daring, namun yang mereka dapatkan bukan binatang tersebut. Hewan eksotis mirip dengan incaran mereka ternyata seekor anak harimau.

Dikutip dari UPI, Senin (12/10/2020), mereka terpaksa menyerahkan kucing liar tersebut kepada pihak berwenang ketika mereka menyadari bahwa hewan eksotis itu adalah anak harimau.

Jaksa penuntut di Le Havre mengatakan bahwa pasangan itu menemukan iklan daring pada 2018 yang menawarkan bayi kucing Savannah, persilangan antara kucing domestik dan serval Afrika.

Pasangan itu membayar sekitar $ 7.000 (Rp 102 juta) untuk anak kucing itu, tetapi setelah sekitar seminggu dalam perawatan mereka, pasangan itu menduga kucing itu bukan kucing Savannah yang legal untuk dipelihara sebagai hewan peliharaan di Prancis.

Mereka menyadari bahwa hewan itu adalah harimau Sumatra, spesies yang terancam punah di Indonesia.

2 dari 3 halaman

Sembilan Orang Ditangkap Setelah Peristiwa Tersebut Terjadi

Jaksa penuntut mengatakan insiden itu memicu penyelidikan dua tahun yang mencapai puncak minggu ini dengan sembilan orang ditangkap. Pasangan yang membeli kucing itu termasuk di antara mereka yang ditangkap, tetapi kemudian dibebaskan oleh polisi.

Pihak berwenang mengatakan kasus perdagangan hewan sedang diselidiki dalam kasus ini. 

Harimau tersebut sekarang telah diamankan dan mendapatkan perawatan di French Biodiversity Office di Prancis.

 

Reporter: Ruben Irwandi

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini: