Sukses

WHO: 1 dari 10 Orang di Dunia Kini Terinfeksi Virus Corona COVID-19

WHO menyatakan bahwa satu dari sepuluh orang di dunia sudah terinfeksi COVID-19.

Liputan6.com, Jenewa - Sekitar satu dari 10 orang mungkin telah terinfeksi Virus Corona COVID-19, membuat sebagian besar populasi dunia rentan terhadap penyakit COVID-19 yang disebabkannya, kata Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). 

Mike Ryan, ahli darurat utama WHO, berbicara kepada Dewan Eksekutif badan tersebut, di mana Amerika Serikat melakukan serangan terselubung ke China atas apa yang disebutnya "kegagalan" untuk memberikan informasi yang akurat dan tepat waktu tentang wabah tersebut. Demikian seperti mengutip Channel News Asia, Selasa (6/10/2020). 

Tetapi Zhang Yang dari Komisi Kesehatan Nasional China, berkata: "China selalu transparan dan bertanggung jawab untuk memenuhi kewajiban internasional kami." 

China mempertahankan kontak dekat dengan semua tingkat badan kesehatan PBB, tambahnya.

Ryan mengatakan wabah melonjak di beberapa bagian Asia Tenggara dan kasus serta kematian meningkat di beberapa bagian Eropa dan wilayah Mediterania timur.

"Perkiraan terbaik kami saat ini memberi tahu kami sekitar 10 persen populasi global mungkin telah terinfeksi oleh virus ini. Ini bervariasi tergantung pada negara, bervariasi dari perkotaan ke pedesaan, bervariasi tergantung pada kelompok. Tapi yang dimaksud adalah bahwa sebagian besar dunia tetap berisiko," kata Ryan.

“Saat ini kita sedang menuju masa sulit. Penyakit terus menyebar,” ujarnya.

**Ingat #PesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Asal Virus Corona COVID-19 Masih Diselidiki

WHO dan para ahli lainnya mengatakan bahwa virus, yang diyakini telah muncul di pasar makanan di kota Wuhan di China tengah akhir tahun lalu, berasal dari hewan.

WHO telah menyerahkan daftar ahli untuk ambil bagian dalam misi internasional ke China untuk menyelidiki asal usulnya, untuk dipertimbangkan oleh otoritas China, kata Ryan tanpa memberikan rincian.

Asisten Menteri Kesehatan AS Brett Giroir mengatakan bahwa 194 negara anggota WHO harus menerima "pembaruan rutin dan tepat waktu, termasuk kerangka acuan untuk panel ini atau untuk misi lapangan apa pun, sehingga kita semua dapat terlibat dengan proses dan yakin akan hal itu."

Jerman, berbicara mewakili UE, mengatakan misi ahli harus segera dikerahkan, dengan Australia juga mendukung penyelidikan cepat.

Sementara itu, Alexandra Dronova, wakil menteri kesehatan Rusia, menyerukan evaluasi dampak hukum dan keuangan dari administrasi Trump yang mengumumkan penarikan AS dari WHO Juli mendatang.

Amerika Serikat tidak akan membayar sekitar US $ 80 juta yang menjadi utangnya kepada WHO dan sebaliknya akan mengarahkan kembali uang tersebut untuk membantu membayar tagihan PBB di New York, kata seorang pejabat AS pada 2 September.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.