Sukses

Meski Vaksin COVID-19 Tersedia, Dunia Tak Akan Kembali Normal

Para peneliti berpendapat bahwa vaksin COVID-19 tidak akan membuat dunia kembali normal sepenuhnya.

Liputan6.com, London - Vaksin COVID-19 dianggap tidak akan membuat kehidupan berjalan normal seperti sedia kala. Sekelompok ilmuwan terkemuka memperingatkan bahwa vaksin bukanlah solusi untuk semua masalah.

Dikutip dari BBC, Kamis (01/10/2020), sebuah laporan, dari para peneliti yang dikumpulkan oleh Royal Society, mengatakan masyarakat harus "realistis" tentang apa yang bisa dicapai oleh vaksin. Mereka mengatakan vaksin memerlukan waktu satu tahun disebarkan ke seluruh dunia.

"Vaksin menawarkan harapan besar untuk berpotensi mengakhiri pandemi, tetapi kami tahu bahwa sejarah pengembangan vaksin dipenuhi dengan banyak kegagalan," kata Dr Fiona Culley, dari Institut Jantung dan Paru Nasional di Imperial College London.

Ada optimisme, termasuk dari penasihat ilmiah pemerintah Inggris, bahwa beberapa orang di suatu negara mungkin mendapatkan vaksin tahun ini dan vaksinasi massal mungkin dimulai awal tahun depan.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Namun Optimisme akan Vaksin Terus Digelorakan

Lebih dari 200 vaksin untuk melindungi dari virus sedang dikembangkan oleh para ilmuwan di seluruh dunia dalam proses yang berlangsung dengan kecepatan yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Dari 200 vaksin tersebut, 8 diantaranya telah menjadi kandidat yang menjanjikan dalam menghadapi pandemi COVID-19.

 

Repoter: Ruben Irwandi

3 dari 3 halaman

Infografis 5 Kandidat Vaksin COVID-19 untuk Indonesia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.