Sukses

Penampakan Bunga yang Dikirim Jokowi untuk Kim Jong-un pada HUT ke-72 Korut

Rangkaian bunga dari Jokowi untuk Kim Jong-un semakin indah dengan hiasan pita merah bertuliskan pesan ucapan yang ditulis dengan tinta emas.

Liputan6.com, Jakarta - Karangan bunga berhiaskan pita merah menjadi bentuk ucapan yang disampaikan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo pada Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un.

Menurut laporan dari Korean Central News Agency (KCNA) pengiriman bungan ini dilakukan dalam rangka menyambut HUT ke-72 Korea Utara.

Karangan bunga itu diisi berbagai jenis bunga yang didominasi oleh warna kuning, putih dan merah. Rangkaian bunga ini semakin indah dengan hiasan pita merah dengan bertuliskan pesan ucapan yang ditulis dengan tinta emas.

"Pemimpin Tertinggi Kim Jong-un menerima sekeranjang bunga dari Joko Widodo, Presiden Republik Indonesia, dalam rangka HUT ke-72 DPRK," tulis KCNA dalam laporannya.

Rangkaian bunga dari Jokowi untuk Kim Jong-un semakin indah dengan hiasan pita merah dengan bertuliskan pesan ucapan yang ditulis dengan tinta emas (KCNA)

Karangan bunga tersebut diserahkan oleh Duta besar Indonesia untuk Republik Demokratik Rakyat Korea (DPRK) kepada pejabat terkait.

Tak hanya itu, Kim Jong-un, yang menjabat sebagai Ketua Komisi Urusan Negara DPRK, juga menerima ucapan selamat dari Presiden Jokowi.

"Izinkan saya untuk menyampaikan kepada Yang Mulia dan rakyat Republik Demokratik Rakyat Korea, ucapan selamat yang tulus atas kesempatan peringatan ke-72 hari berdirinya DPRK pada 9 September 2020," ujar Presiden Joko Widodo dalam pernyataannya, yang dipublikasikan oleh KCNA.

"Saya yakin semangat hari jadi akan memperkuat upaya pemerintah dan masyarakat DPRK untuk mengatasi tantangan akibat pandemi COVID-19," lanjut Presiden Joko Widodo.

Dalam pernyataan itu, Presiden Joko Widodo juga menegaskan kembali komitmennya dalam memperkuat kerja sama antara Indonesia dan DPRK untuk kepentingan bersama kedua negara, serta untuk perdamaian dan kemajuan di kawasan dan sekitarnya.

"Mohon diterima, Yang Mulia, jaminan yang diperbarui atas pertimbangan tertinggi saya, dan harapan terbaik saya untuk kesehatan Yang Mulia yang baik serta kesuksesan berkelanjutan dalam tugas-tugas mulia Yang Mulia," tutur Presiden RI kepada Kim Jong-un.

 

Simak video pilihan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ucapan dari Pemimpin Dunia Lainnya

Kim Jong-un pada 16 September 2020 juga menerima pesan selamat dari ucapan selamat dari Mohamed Ould Cheikh El Ghazouani, presiden Republik Islam Mauritania.

Presiden Mauritania dalam pesannya mengatakan bahwa pada kesempatan perayaan hari nasional Republik Demokratik Rakyat Korea, dia dengan senang hati menyampaikan kepada Kim Jong-unn ucapan selamatnya yang paling hangat serta harapan terbaiknya untuk kemajuan dan kemakmuran bagi warga DPRK.

Dia juga menyampaikan kepada Kim Jong-un soal keinginan dan keteguhan mereka yang sama untuk melanjutkan upaya memperkuat dan mengembangkan hubungan kerja sama antara kedua negara.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.